Akankan Tambora Meletus Dahsyat Seperti 1815?

Posted by Sangat Unik

Sejak Kamis 8 September 2011, Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat naik status menjadi Siaga atau Level III. Berbeda dengan di wilayah lain, di mana warga mengabaikan kenaikan status gunung berapi, masyarakat sekitar Tambora justru berinisiatif mengungsi. Bahkan yang ada di luar kawasan rawan bencana.

Warga khawatir horor tahun 1815 akan terulang -- saat Tambora mengamuk dahsyat pada 10 April 1815. Tercatat sebagai yang terbesar dalam sejarah. Akibatnya, tak hanya menghancurkan dan membawa maut di Hindia Belanda. Letusan Tambora mengubah iklim dunia, ribuan orang tewas akibat epidemi tifus dan kelaparan di belahan dunia.

Yang jadi pertanyaan, akankan tragedi letusan Tambora akan berulang?

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono: tidak. Dia menegaskan, tidak benar informasi Tambora akan meletus dahsyat pada 1815. "Nggak mungkin karena pada tahun 1815 kan gunungnya tinggi, kantung magma besar. Terus pada waktu letusan 1815 menutup kaldera. Kecil kemungkinan, bahkan bisa dikesampingkan Tambora meletus seperti 1815," kata Surono

Warga diminta tak terlalu khawatir dan tidak terpengaruh isu yang beredar. "Tambora Siaga, memang iya, tapi belum tentu juga diikuti letusan. Bisa saja aktivitas menurun dan kembali normal," tambah dia.

Menurut Data Volcanic Explosivity Index (VEI) skala 1-8, indeks letusan gunung yang mirip skala Richter untuk mengukur kekuatan gempa, letusan Tambora 1815 berada di skala 7.

Itu artinya sangat merusak. Ledakan Tambora membuat kawasan Sumbawa dan sekitarnya berada dalam kegelapan. Puluhan ribu orang  tewas akibat dampak letusan, tsunami, menyusul kemudian, kelaparan dan penyakit.

Kekuatan letusan Tambora adalah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Panas yang menyembur melubangi atmosfer dan mengubah iklim dunia. Tak ada musim panas pada 1816 di Eropa dan Amerika Utara -- 'the year without summer'. Tambora turun ke dalam tanah beberapa ribu kaki, meninggalkan kawah besar di puncaknya.

Pada April 2015 mendatang akan diperingati dua abad letusan dahsyat Tambora. 



source: http://nasional.vivanews.com/news/read/248479-akankan-tambora-meletus-dahsyat-seperti-1815-