Ribuan Kali Gempa, Status Anak Krakatau Siaga

Posted by Sangat Unik

Gunung Anak Krakatau telah dinaikan statusnya menjadi "siaga" atau level IV. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono mengatakan, kenaikan status ditetapkan pada Jumat 30 September 2011 malam pukul 24.00.

Alasan status dinaikkan adalah karena intensitas gempa yang tinggi. Hari ini, misalnya. "Pada tanggal 2 Oktober 2011, pukul 00.00 sampai 12.00, terekam ada 2.745 kegempaan," kata Surono

Gempa Gunung Anak Krakatau, Surono menambahkan, bahkan terasa hingga Pulau Anak Krakatau. "Saking seringnya, beruntun terus. Meski gempanya terlalu kecil, 2 Skala Richter, bahkan di bawah 1 SR, tapi karena terus menerus jadi terasa," tambah dia.

Dia menjelaskan, hampir sejak tahun 2007, Krakatau tak berhenti beraktivitas dan meletus. "Sebentar berhenti, 2009 meletus. Saya kira, ini gunung yang paling sering meletus," tambah dia.

Terkait kenaikan status, PVMBG merekomendasikan penduduk untuk tidak mendekati gunung itu dalam radius 2 kilometer. Utamanya tidak berada di Pulau Anak Krakatau. "Kami minta masyarakat pantai Banten dan Lampung terus beraktivitas seperti biasa, tak usah panik, jangan terpancing isu tsunami," kata Surono. "Ini Anak Krakatau yang meletus, bukan ibunya (Krakatau)," tambah dia.

Mbah Rono--demikian Surono akrab dipanggil--menjelaskan Anak Krakatau adalah gunung api muda. Dia harus sering meletus untuk tumbuh menjadi besar dan tinggi. "Gunung kanmenjadi besar dan tinggi karena hasil letusannya," tambah dia. Ada dua pos yang bertugas memantau Anak Krakatau, yakni di Pasauran, Banten dan di Kalianda, Lampung.

Surono menyebutkan, saat ini ada enam gunung api di Indonesia yang berstatus siaga, yakni Anak Krakatau, Lokon, Karangetang, Papandayan, Tambora, dan Anak Ranakah, Yang berstatus "waspada" ada 16.



source: http://nasional.vivanews.com/news/read/251927-ribuan-kali-gempa--status-anak-krakatau-siaga