Cosmo Noah, Kapsul Penyelamat Saat Tsunami

Posted by Sangat Unik


Jepang memang dikenal sebagai negara yang sering dilanda gempa dan tsunami. Ini yang menyebabkan perusahaan asal Jepang, Cosmo, menciptakan kapsul penyelamat yang didesain khusus untuk mengantisipasi bencana tsunami.

Diharapkan berfungsi sama seperti bahtera Nuh, kapsul penyelamat ini kemudian dinamakan Cosmo Noah. Memiliki bentuk bulat-kuning seperti bola tenis, Cosmo Noah akan mengapung saat tsunami datang.
Para ahli yang membuat kapsul ini mengatakan, Cosmo Noah dibuat dari bahan fiberglass khusus yang dipadatkan. Dengan demikian, jika ada gempa dan tsunami dahsyat, sama seperti yang terjadi pada 11 Maret lalu, diharapkan kapsul penyelamat ini bisa menyelamatkan orang yang ada di dalamnya.
Presiden perusahaan Cosmo, Shojo Tanaka mengatakan, kapsul ini telah diuji-coba dan tahan terhadap berbagai goncangan. Kapsul ini bisa memuat hingga empat orang dewasa.

Selain itu, kapsul ini juga memiliki jendela dan lubang untuk bernafas. Jika tidak digunakan sewaktu tsunami, kapsul ini bisa dijadikan rumah bermain untuk anak.

Cosmo menyebut kapsul ini siap diluncurkan sejak awal September lalu. Perusahaan setidaknya telah menerima pesanan sebanyak 600 buah pada akhir September. 
source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/254257-cosmo-noah--kapsul-penyelamat-saat-tsunami