Baju Ini Buat Anda Seperti Superman

Posted by Sangat Unik

Batman, Superman dan pahlawan-pahlawan super lain selalu mempunyai cara tersendiri memukau penggemarnya. Kini, Anda juga bisa mendapat kekuatan super itu.
Awalnya, Seiji Uchida (49) mengalami lumpuh dari pinggang ke bawah akibat kecelakan mobil 28 tahun lalu. Ia sendiri berambisi mendaki situs Warisan Dunia Mont Saint Michel di Prancis.

Untuk itu, ia menggunakan tulang luar cyber yang mampu meningkatkan kekuatan penggunanya hingga 10 kali lipat. Selama pengujian, baju robot Hybrid Assisted Limb (HAL) ini berhasil mengembalikan kemampuan Uchida yang telah hilang.

Teknologi menakjubkan ini dikembangkan profesor Yoshiyuki Sankai di Tsukuba University. Riset dan pengembangan cybernetika sangat diperhatikan di Jepang. Salah satu perusahaan, Cyberdyne Corporation, secara besar-besaran memproduksi baju cybernetika yang mampu memberi ‘bantuan’ tubuh untuk bergerak dan meningkatkan kekuatan pemakainya.

HAL bekerja dengan mendeteksi sinyal bioelektrik menggunakan bantalan yang ditempatkan di area tertentu tubuh. Bantalan inilah yang menggerakkan HAL. “Saat pemakai mencoba bergerak, sinyal syaraf dikirim dari otak ke otot melalui motoneuron yang akhirnya menggerakkan sistem musculoskeletal,” papar perusahaan itu di situs resminya seperti ditulis Dailymail.

Saat ini, sinyal bio itu bisa dideteksi di permukaan kulit, lanjutnya. “HAL menangkap sinyal itu melalui sensor yang dipasang pada kulit. Berdasar sinyal itu, unit tenaga bisa dikendalikan pengguna untuk melakukan kegiatan sehari-hari”.



source: http://salingxsharing.blogspot.com/2012/02/baju-ini-bisa-buat-anda-seperti.html