Benarkah Wanita Indonesia Temukan Madagaskar ?

Posted by Sangat Unik

Benarkah Wanita Indonesia Temukan Madagaskar ?

Siapa penemu Madagaskar?Mendengar kata Madagaskar mengingatkan saya pada film Madagaskar pada tahun 2008 yang bercerita tentang sekelompok binatang yang terdampar di sebuah pulau dan pulau itu Madagaskar.

Madagaskar adalah negara paradoks memiliki jarak 400 kilometer dari lepas pantai Afrika, kehidupan di sana baru bermula 1500 tahun terakhir. Anehnya, kebanyakan wanita pada populasi pertama Madagaskar berasal dari Indonesia.


Benarkah kalau Madagaskar itu ditemukan oleh Orang indonesia? 

Ini masih menjadi misteri yang membuat ilmuan penasaran dan mereka melakukan pengujian tentang benarkan atau siapakah penemu dari pulau Madagakar itu.

Telah dimuat di situs sains, Physorg.com, sejak lama Madagaskar menjadi daya tarik bagi para antropolog. Salah satu alasannya, mengapa manusia tak menjamahnya selama ribuan tahun. Pulau keempat terbesar dunia itu sebelumnya hanya dihuni para lemur.D

Diwartakan New Scientist, Rabu (21/3/2012), mitokondria DNA diwariskan dari garis keturunan ibu. Hasil penelitian terhadapnya menunjukkan bahwa populasi awal Madagaskar terdiri dari sekira 30 wanita usia reproduktif.

Dari jumlah tersebut, sekira 93 persen gen mereka menunjukkan hubungan dengan Indonesia. Populasi yang kecil menunjukkan kemungkinan mereka membangun koloni di Madagaskar setelah tidak sengaja melintasi samudra.

Cox mengatakan, teori penyeberangan Samudera Hindia yang terjadi tanpa kesengajaan ini memiliki pendahulu. "Dalam perang dunia kedua terjadi pemboman di sekitar Jawa. Ada banyak reruntuhan yang terdampar di Madagaskar. Termasuk yang selamat dalam rakit penyelamat," katanya.

"Jadi Anda bisa membayangkan, di Indonesia ada sebuah perahu yang tertiup angin dan sampai ke pulau itu," tambahnya.

Hasil analisa gen dari mitokondria -- baterai sel yang gennya diwariskan dari ibu, menyimpulkan, 30 perempuan termasuk penemu Madagascar, 28 di antaranya dipastikan dari Indonesia. Para ilmuwan juga memastikan, pembawa kromosom Y -- yang diwariskan garis ayah berasal dari nusantara, hanya belum diketahui pasti berapa jumlahnya.

Simulasi komputer menunjukkan, pemukiman pertama di Madagaskar ada pada tahun 830 Masehi, saat yang bersamaan dengan berkembangnya perdagangan nusantara di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, yang berpusat di Sumatera.

Tak hanya soal DNA, ada faktor lain yang menunjukkan kontribusi nusantara, yakni bahasa. Dari segi linguistik, penduduk Madagaskar bicara dalam bahasa, yang asal-usulnya bisa dilacak sampai Indonesia.

Sebagian besar dari leksikon Ma'anyan, bahasa yang dipraktekan sehari-hari di masyarakat yang bermukim di sepanjang Sungai Barito, di wilayah pedalaman. Juga ditemukan segelintir bahasa yang akarnya dari Jawa, Melayu, atau Sansekerta.

Bukti lain pengaruh nusantara di Madagaskar adalah penemuan perahu cadik, peralatan besi, instrumen musik seperti gambang. Juga peralatan makan yang sangat 'tropis', sistem tanam padi, pisang, ubi jalar di sela-sela hutan.

"Kontribusi Indonesia ada pada bahasa, budaya, dan gen, yang terus berlanjut hingga saat ini di Madagaskar," demikian isi laporan tim ilmuwan.

Bagaimana para perempuan ini sampai di Madagaskar, hingga kini masih jadi misteri besar. Tapi, ada tiga teori soal ini.

Pertama, meski tak ada bukti, mereka dibawa oleh kapal dagang. Teori kedua, Madagaskar sejak dulu memang dijadikan koloni dagang atau tempat pelarian orang yang kehilangan tanah dan juga kuasa karena ekspansi Kerajaan Sriwijaya.

Hipotesis ketiga dan paling berani, para perempuan itu kebetulan ada dalam kapal yang tanpa sengaja mengarungi samudera. Simulasi arus laut dan pola cuaca di musim hujan mendukung teori ini.

Memang, fakta membuktikan, reruntuhan kapal pengebom dari Sumatera dan Jawa saat Perang Dunia II terbawa arus ke Madagaskar. Bahkan, dalam sebuah kasus, termasuk seorang korban selamat dalam sekoci yang berlabuh di Madagaskar.

source: http://www.studiokita.net/2012/03/benarkah-wanita-indonesia-temukan.html