Juan Gris Si Pelukis Kubisme

Posted by Sangat Unik

Mungkin banyak diantara teman-teman yang pada penasaran ingin mengetahui sosok Juan Gris. Rasa penasaran teman-teman dengan orang yang bernama asli Jose Victoriano Gonzalez-Perez ini tengah muncul menjadi Google Dodle, yaitu pada hari Jumat (23/3/2012).
lukisan Juan Gris
Juan Gris sendiri merupakan seorang pelukis dan pematung asal Spayol yang tinggal dan bekerja di Prancis selama masa hayatnya. Juan Gris juga terkenal sebagai seorang pelukis yang mempopulerkan seni lukisan Kubisme, yaitu sebuah aliran lukisan yang memiliki ciri unsur kotak-kotak.

Pada awal karirnya sebagai pelukis, Juan Gris melakoni gaya lukisannya dengan aliran analitik KUbisme. Pada tahun 1913 dia akhirnya mengubah aliran tersebut menjadi Kubisme sintetik.

Berbeda dengan gaya lukis seperti Picasso, yaitu melukis dengan gaya Kubisme monokromatik, Juan Gris melukis dengan warna cerah yang terlihat harmonis dan lebih berani.

Adapun karya seni Juan Gris yang paling fenomenal adalah violon et guitare, yaitu karya seni lukis yang terjual sebesar USD 28,6 juta pada sebuah acara lelang di bulan November 2010.

source: http://karodalnet.blogspot.com/2012/03/juan-gris-si-pelukis-kubisme.html