Banjir Sampah, Tong Sampah di GBK Malah Nganggur

Posted by Sangat Unik


Ada keramaian, ada pula sampah. Kalimat ini berlaku juga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), terutama di hari libur seperti hari ini. Di hari Minggu ini, GBK dipenuhi ribuan warga Jakarta. Di saat itu pula ada produksi sampah besar-besaran.

Pantauan detikcom di GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (15/4/2012), terdapat banyak tempat sampah terutama di tempat-tempat strategis. Misalnya di gerbang masuk dan keluar utama, terdapat satu tempat sampah di tiap 10 meter. Sementara di pintu masuk gelanggang olahraga, setidaknya ada 2 tempat sampah terpasang.

Anehnya, di kala sampah membanjiri GBK ternyata sebagian besar tempat sampah di sana justru 'nganggur' alias kosong. Kenapa?

"Mungkin karena warganya memang tidak terbiasa membuang sampah di tempat sampah. Jadi kalau mau buang, tinggal buang saja di mana saja," tutur Rere, salah seorang pengunjung GBK.

Sementara Tomi, seorang pedagang asongan menilai warga Jakarta tak tertib. "Ya berarti orang-orang Jakarta yang nggak tertib. Pemerintah kan sudah berusaha menyediakan tempat sampah," ujarnya.

Sampah menjadi masalah di hampir seluruh kota-kota besar. Masalah turunan dari sampah, misalnya banjir pun masih menjadi 'milik' Jakarta. Tak hanya pemerintah yang bertanggung jawab atas masalah-masalah tersebut. Namun seluruh warga seharusnya mulai bergerak. Mulai dari hal-hal kecil seperti menghilangkan kebiasaan buang sampah sembarangan.

source: http://news.detik.com/read/2012/04/15/174752/1892871/10/banjir-sampah-tong-sampah-di-gbk-malah-nganggur