Jelajahi Planet dengan Aplikasi Ini

Posted by Sangat Unik

detail berita

Pernah bertanya seperti apa planet yang mengorbit bintang-bintang? Nah, kini ada sebuah aplikasi yang bisa membantu menghilangkan rasa penasaran tersebut.

Dilansir dari Mashable, Sabtu, (14/4/2012), aplikasi gratis ini bernama Kepler Explorer untuk iPhone dan iPad yang memungkinkan pengguna menjelajahi sekira 2 ribu sistem planet yang ditemukan oleh Kepler Mission NASA. Kepler Mission memindai galaksi Bima Sakti dalam pencarian ukuran planet seperti Bumi di zona layak huni bintang-bintang yang mereka orbit.

Singkatnya, misi itu untuk memberikan dasar menemukan kehidupan lain di planet. Sejauh ini, misi tersebut telah menemukan sekira 2.300 kandidat planet asing di sekira 1.800 sistem planet yang jauh.

Aplikasi Kepler Explorer dikembangkan oleh sebuah tim di Universitas California, Santa Cruz yang dipimpin oleh profesor astronomi dan astrofisika Jonathan Fortney. Salah satu tujuan dari aplikasi ini, kata Fortney, untuk menjaga informasi lebih lanjut tentang apa yang sudah diketahui tentang planet daripada dugaan hipotesis.

Aplikasi ini dimulai dengan menu drop-down yang berisi daftar semua sistem planet yang ditemukan oleh Kepler Mission. Pengguna bisa menggerakkan sebuah slider untuk melihat orbit planet di sekitar bintangnya masing-masing.

Selain itu, dengan memperbesar dan menavigasi sistem yang diberikan, pengguna bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang planet tertentu dan menunjukkan perbandingan ukuran sebuah planet dengan bintang induknya. Saat melihat planet, pengguna bisa bermain dengan menggunakan elemen seperti besi, batu, air dan hidrogen untuk mengkombinasikan itu semua dengan temuan Kepler Mission.

Sejauh ini, sebagian besar planet yang ditemukan oleh Kepler Mission tidak ramah terhadap kehidupan. Meski begitu Fortney yakin aplikasi ini akan menarik bagi banyak orang.

"Tentu saja ada banyak orang yang sangat tertarik pada astronomi. Selain obat-obatan, astronomi adalah ilmu yang harus terus diketahui publik," pungkasnya.

source: http://techno.okezone.com/read/2012/04/14/325/611461/jelajahi-planet-dengan-aplikasi-ini