Orang-Orang Di Balik Sukses Manchester United Musim Ini

Posted by Sangat Unik

SPESIAL Liga Primer Inggris: Orang-Orang Di Balik Sukses Manchester United Musim Ini

Manchester United tiba-tiba berhasil membalikkan semua prediksi dengan menyalip Manchester City dari puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. Bahkan, skuad asuhan Sir Alex Ferguson tersebut sempat unggul dengan delapan poin, sebelum akhirnya mereka ditaklukkan Wigan Athletic sementara sang rival membantai West Bromwich Albion dengan skor 4-0.

Namun, keberhasilan mencapai keunggulan lima angka setelah sebelumnya tertinggal sepuluh poin dan divonis banyak pihak akan sangat kesulitan mengejar City, adalah sebuah prestrasi tersendiri.

George Ankers dari GOAL.com mencoba untuk membedah siapa saja sosok yang berada di balik Manchester United hingga mereka memiliki mental juara seperti saat ini.

Kepala diantara wakil Ferguson dan orang yang akan menghadapi media ketika bosnya tidak ingin bersuara, dia adalah asisten pelatihMike Phelan.

Sosok berusia 49 tahun tersebut cocok dalam memerankan 'polisi baik' di Old Trafford. Sebagai pemain United, ia telah tampil sebanyak lebih dari 100 kali dan juga mengantarkan tim meraih gelar Liga Primer Inggris pertama kali pada tahun 1993.

Phelan juga memenangkan trofi Piala FA dan Piala Winners saat dirinya menjadi pemain United, kemudian ia ditawari untuk tetap berkarir di Old Trafford untuk menangani sejumlah pemain. Dia telah menangani jabatan tersebut selama lebih dari 11 tahun, dan menjadi bagian dari kesuksesan sepanjang tahun tersebut,

Sosok yang lebih baru, pelatih kiper Eric Steele. Ia terlibat sebagai staff pelatih di Leeds United, saat mereka meraih juara pada tahun 1991/92, ia juga pernah melatih Peter Schmeichel saat masih berada di Aston Villa dan ia juga mengasah kemampuan Joe Hart muda sebelum akhirnya direkrut oleh Sir Alex tahun 2008.

Steele adalah sosok kunci perekrutan David de Gea, yang mulai menunjukkan kualitasnya setelah sempat tampil mengkhawatirkan di awal-awal musim. Dia beberapa kali memantau De Gea di Atletico Madrid dan bersedia belajar bahasa Spanyol agar De Gea lebih cepat beradaptasi dalam tim.

Rene Meulensteen adalah sosok kunci lainnya di staff pelatih. Sebagai pelatih tim utama, Rene telah menghabiskan 11 tahun (dikurangi tahun 2006/07 ketika ia menjadi pelatih Brondby) bekerja keras meningkatkan teknik skuad United. Dia cukup sukses melatih pemain United dalam berbagai generasi, ia juga sukses membawa tim cadangan United meraih prestasi.

Kemenangan jelas didapat dari pembangunan skuad United, tetapi ada juga hal penting lainnya yang tidak boleh diremehkan yaitu proses perekrutan pemain yang dapat membuat sebuah klub berbeda dari para pesaingnya.

Dalam beberapa musim terakhir, klub seperti City, Chelsea dan Arsenal telah menjadi tim yang menjadi pesaing gelar juara dalam beberapa kompetisi, tetapi United adalah tim yang paling konsisten dan hal tersebut berkat kesuksesan mereka dalam bursa transfer.

Banyaknya perekrutan yang sukses di Old Trafford dapat dikaitkan dengan jelinya pemantau yang paling dia percayai, yaitu saudaranya sendiri, Martin Ferguson.

Adik yang berusia lebih muda satu tahun dan sepuluh hari tersebut tetap aktif berkeliling dunia untuk mencari talenta terbaik. Kesibukannya dalam mengamati pemain-pemain bertalenta di seluruh dunia dan akurasinya dalam melihat talenta pemain, membuatnya menemukan pemain seperti Jaap Stam, Ruud van Nistelrooy dan Chicharito yang menjadi pemain rekrutan paling penting sepanjang tahun diantara pemain rekrutan lainnya.

Stam dan Nistelrooy telah mematenkan tempat mereka sebagai pahlawan di Old Trafford, sementara Chicharito, yang berhasil digaet United sebelum ia menunjukkan bakatnya di Piala Dunia 2010, juga menuju tempat yang sama, dengan mencetak 32 gol dalam 78 pertandingan sejauh ini.
"Pemantau yang paling dipercaya Sir Alex' - saudaranya sendiri, Martin Ferguson - telah menemukan pemain, seperti Jaap Stam, Ruud van Nistelrooy dan Chicharito yang menjadi pemain baru paling penting dalam beberapa tahun"

Dalam beberapa periode sebelumnya dan bahkan pada musim ini, kritikan telah disematkan pada skuad Manchester United bahwa mereka mungkin adalah tim terlemah dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi, bagaimanapun juga, kebiasaan meraih sukses jelas terpatri dalam setiap posisi di hierarki United. Sementara City memiliki sosok seperti David Platt, yang memiliki motivasi tinggi tetapi masih belum cukup berpengalaman, Sir Alex dikelilingi oleh para ahli yang memiliki kualitas terasah.

Peluang mereka untuk dapat meraih gelar juara musim ini dapat dijadikan bukti seberapa bagus sosok di belakang layar tim Setan Merah.

source: http://id.olahraga.yahoo.com/news/spesial-liga-primer-inggris-orang-orang-di-balik-064310551--soccer.html