Mau Berhenti Ngorok? Potong Lidah, deh

Posted by Sangat Unik

Ngorok atau mendengkur memang mengganggu orang lain yang tidur bersama. Berbagai cara pun dilakukan agar tidak lagi tidur ngorok, salah satunya dengan operasi. Lucunya, operasi yang satu ini cukup ekstrim, karena melibatkan pemotongan lidah!
 
Operasi potong lidah - tepatnya: pemotongan pangkal lidah disebut Trans Oral Robotic. Sesuai namanya, operasi ini dilakukan dengan menggunakan bantuan robot karena rongga di bagian tersebut terlalu sempit untuk dioperasi secara manual.
 
Salah seorang pasien yang pernah menjalani operasi ini, Anthony Brake asal Inggris mengaku kini bisa tidur lebih nyenyak. Sebelumnya ia sering mendengkur, lalu dokter mendiagnosisnya mengalami obstructive sleep apnea ataui henti napas saat tidur sehingga tidurnya tidak nyenyak.
 
"Sekarang saya bisa tidur 8 jam nonstop dan jarang merasa kelelahan. Masih mendengkur sedikit, tetapi sudah seburuk sebelumnya," kata Brake yang menjalani operasi ini 2 tahun lalu di St Mary Hospital, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (10/4/2012).
 
Teknik operasi yang tergolong baru ini dilakukan dalam 3 tahap, yang diawali dengan memotong bagian pangkal lidah yang disebut epiglottis. Selanjutnya permukaan pangkal lidah yang terseisa dipangkas sedikit untuk melebarkan saluran napas, lalu yang terakhir dinding atas mulut diperlebar.
 
Dr Bhik Kotecha yang mengoperasi Brake membenarkan bahwa operasi ini sangat mutakhir dan baru dikerjakan pada 3 pasien di Inggris. Namun diperkirakan, operasi ini akan diminati karena tidak memakan waktu lama dan bisa memberikan solusi permanen.
 
Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam operasi ini termasuk pasien tidak boleh terlalu gemuk. Pasien yang akan dioperasi tidak boleh memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) di atas 35 kg/m2, sebab jika lemak tubuhnya terlalu banyak maka tingkat keberhasilannya akan lebih rendah.


source: http://www.tempatshare.com/2012/04/mau-berhenti-ngorok-potong-lidah-deh.html#ixzz1s1MAmutJ