10 Transfer Musim Dingin Terbesar di Premier League

Posted by Sangat Unik


Bursa transfer tengah musim 2012/13 akhirnya ditutup tengah malam 31 Januari 2013 kemarin. Klub-klub Premier League pun tampak sibuk menuntaskan proses transfer mereka.

Berikut 10 kepindahan terbesar yang melibatkan klub-klub Premier League sepanjang awal tahun ini, menurut ESPN:

1. Mario Balotelli (Manchester City ke AC Milan)
Setelah dua setengah musim dirundung kontroversi, Balotelli akhirnya memutuskan untuk pulang kampung. Biaya transfer yang dikeluarkan Rossoneri adalah £19 juta untuk kontrak selama empat setengah tahun.

2. Christopher Samba (Anzhi Makhachkala ke Queens Park Rangers)
QPR kembali memecahkan rekor pembelian mereka di bulan ini. Setelah mendatangkan Loic Remy, The Hoops kini memulangkan Samba ke Liga Inggris. £12,5 juta harus dikeluarkan QPR.

3. Daniel Sturridge (Chelsea ke Liverpool)

Gagal mendapatkan tempat utama di Stamford Bridge, Sturridge berpaling ke Anfield. Kabarnya, ia didatangkan dengan banderol £12 juta. Namun, untuk sementara hasilnya lumayan. Sturridge sudah mencetak tiga gol dalam empat laga bersama The Reds.

4. Wilfried Zaha (Crystal Palace ke Manchester United)
Zaha menjadi salah satu pemain yang paling diincar oleh klub-klub besar Inggris setelah debutnya bersama Timnas Inggris November lalu. Pemain 20 tahun itu akhirnya memilih MU, tapi saat ini masih dibolehkan memperkuat Palace sampai akhir musim. MU harus merogoh kocek sampai £15 juta.

5. Philippe Coutinho (Inter Milan ke Liverpool)
Gelandang serang asal Brasil ini gagal membuat hasil maksimal di Inter. the Reds pun tanpa ragu memboyongnya dengan harga £8,5 juta. Kehadiran Coutinho bisa melapisi barisan tengah Liverpool.

6.  Demba Ba (Newcastle ke Chelsea)
Dengan klausul pelepasan hanya £7 juta, Newcastle tak berdaya saat menghadapi tawaran Chelsea. Pemain Senegal itu akhirnya tampil cukup memukau di awal karirnya bersama The Blues.

7. Danny Graham (Swansea City ke Sunderland)
Salah satu kunci sukses The Swans menduduki peringkat 11 saat memulai hidup mereka di Premier League musim lalu. Graham memilih hijrah ke Sunderland setelah kehilangan tempat utama usai kedatangan Michu. £5 juta jadi harga sang striker.

8. Mapou Yanga-Mbiwa (Montpellier ke Newcastle)
Satu dari lima pemain Prancis yang diboyong ke Newcastle Jauari ini. Yanga-Mbiwa adalah kapten saat membawa Montpellier juara Ligue 1 musim lalu. Pemain seharga £6,7 juta itu juga masuk Timnas Prancis arahan Didier Deschamps.

9. Lewis Holtby (Schalke ke Tottenham Hotspur)
Pemain 22 tahun ini disebut-sebut salah satu pembelian terbaik di Premier League Januari ini. Memiliki kekuatan fisik mumpuni, kecepatan, determinasi dan gaya bermain yang tak mengenal lelah membuat Holtby jadi harapan Spurs untuk menghidupkan lini tengahnya. Ia diboyong dengan harga hanya £1,5 juta.

10. Joe Cole (Liverpool ke West Ham)

Tidak diperlukan di Liverpool, pemain yang sudah menginjak 31 tahun itu kembali ke klub awalnya dengan status bebas transfer. Perlahan karirnya mulai membaik karena kerap bermain.

source: http://bola.viva.co.id/news/read/386978-10-transfer-musim-dingin-terbesar-di-premier-league