Inilah Alasan Warga Rusia Pasang Kamera di Mobil

Posted by Sangat Unik

Headline

Peristiwa jatuhnya meteor di Rusia yang terjadi pada Jumat lalu (15/2) banyak terekam dari beberapa kamera yang dipasang di dasbor mobil warga di Rusia. Apa yang membuat mereka selalu memasang kamera di mobilnya?
Banyak kejadian menarik terjadi di jalan dan terekam dalam kamera yang dipasang di mobil dan diunggah ke internet. Menariknya, mayoritas berasal dari kamera yang dipasang warga Rusia di dasbor atau jendela mobilnya.
Stasiun televisi Al Jazeera bahkan memperkirakan bahwa sekitar 1 juta mobil di Rusia memiliki kamera yang dipasang di dashboard atau kaca jendela depan. Ini merupakan hal yang tidak umum bagi kebanyakan warga sipil di negara lain.
Kondisi jalan di Rusia berbahaya, dengan kemacetan parah di kota-kota dan juga banyak parit-parit besar, rawa yang tak berujung, jalan-jalan bersalju di jalan raya. Kemudian banyak daerah-daerah yang bebas hukum, polisi yang sering memeras dan pengemudi yang frustrasi yang ingin menghancurkan mobil di sekitarnya.
Para warga Rusia memasang kamera pada dasbor atau jendela yang berfungsi untuk melindungi dan merekam kejadian di sekitarnya, khusunya yang melibatkan hukum.
Russian Highway Patrol bahkan dikenal karena kekejaman, korupsi, pemerasan dan tindak suap-menyuap. Kamera dasbor akan berguna karena tindak kekerasan dan kriminal terjadi sepanjang waktu di jalanan oleh siapapun.
Di Rusia, jika terjadi suatu kerusakan, pengadilan tidak akan pernah menanggapi klaim verbal. Namun, mereka ingin bukti asli, yaitu rekaman video.
Rekaman video menurut mereka adalah satu-satunya cara untuk membuktikan kejadian sebenarnya yang terjadi, dan juga mendukung klaim di pengadilan.
Tabrak lari adalah hal sehari-hari di Rusia dan pihak asuransi di sana juga menolak jika melakukan klaim hanya lewat verbal saja, tanpa ada rekaman video, karena perlindungan asuransi dua arah (two way insurance) sangat mahal dan tidak tersedia untuk kendaraan dengan umur lebih dari sepuluh tahun.
Jika mengalami kecelakaan di Rusia, pihak kedua yang menyebabkan kecelakaan tersebut akan berpikir lebih baik berpura-pura kepada polisi atau bahkan melarikan diri.
Asuransi di Rusia tidak akan membayar atau mengganti apapun dari klaim yang dilakukan kecuali pelaku ditemukan dan dituntut. Oleh karena itu, kamera akan sangat berguna untuk merekam kejadian di jalan dan juga plat nomor dari mobil lainnya.
Selain itu, Di Rusia juga terhitung parah dalam kasus konten online yang dipublikasi. Situs-situs di Rusia dengan bebas menayangkan rekaman mobil yang terbalik, orang yang hancur tertabrak, mobil yang meledak dan peristiwa di jalan lainnya.
Bagaimanapun, warga negeri beruang putih tersebut sepertinya dapat mengambil manfaat lain dari hal ini.
Mereka dapat merekam kejadian-kejadian tak terduga yang dialami setiap harinya di jalan. Termasuk peristiwa-peristiwa luar biasa yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup, seperti histeria ledakan meteor yang melukai lebih dari seribu orang tersebut.
Seperti diketahui, lebih dari 100 tahun yang lalu, takni tahun 1908, ledakan benda luar angkasa juga terjadi di Rusia di wilayah Tunguska, Siberia. 

source: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1958943/inilah-alasan-warga-rusia-pasang-kamera-di-mobil#.USChYR3Ty8A