Sissoko Pimpin Newcastle Permalukan Chelsea

Posted by Sangat Unik


Chelsea dipaksa menyerah 2-3 dari tuan rumah Newcastle United dalam lanjutan Premier League di Stadion St James' Park, Sabtu (2/2/2013). Dua dari tiga gol yang diciptakan Newcastle diciptakan Moussa Sissoko. Sementara bagi Chelsea, ini adalah kegagalan menang keempat dalam empat laga terakhir.

Bermain di depan publik lawan, Chelsea tampak kesulitan mengembangkan bermainan. Bahkan, gawang Petr Cech beberapa kali nyaris kebobolan. Beruntung bagi Chelsea, penyelesaian akhir pemain-pemain Newcastle tak sempurna sehingga beberapa peluang terbuang sia-sia. Setidaknya, hal itu terlihat hingga menit ke-25.

Meski begitu, The Magpies tetap melancarkan serangan. Kondisi ini membuat The Blues lebih banyak bertahan, sambil mengandalkan serangan balik. Sebuah serangan balik mematikan yang dilancarkan Chelsea nyaris membuahkan hasil pada menit ke-30. Frank Lampard dengan cerdik memberikan umpan terobosan kepada Demba Ba.

Ba yang dikawal ketat Fabricio Coloccini berhasil menguasai bola dan kemudian melepaskan tembakan. Namun, bola ditepis Tim Krul sehingga menghasilkan kemelut. Ba menjangaku bola dengan kepalanya tetapi si kulit bulat melebar dari gawang tim tuan rumah.

Ba kemudian harus mendapatkan perawatan dari tim medis karena kepalanya sempat tertendang oleh Coloccini saat berebut bola. Ba pun tak bisa melanjutkan pertandingan setelah ia digantikan Fernando Torres pada menit ke-42.

Apes, Chelsea malah kebobolan pada menit ke-41. Dari sayap kiri, Davide Santon melepakan umpan ke dalam kotak penalti yang disambut Jonas Gutierrez dengan tandukan keras. Bola pun akhirnya bersarang ke sisi kanan gawang Chelsea. Gol itu memastikan keunggulan Newcastle 1-0 pada babak pertama. 

Chelsea bangkit pada babak kedua. The Blues berbalik unggul 2-1 dalam tempo 15 menit. Gol pertama London Biru diciptakan Frank Lampard pada menit ke-55. Memanfaatkan umpan Ashley Cole di luar kotak penalti, Lampard melepaskan tembakan keras yang membuat bola bersarang ke pojok kiri gawang Newcastle.

Berselang enam menit kemudian, giliran Juan Mata yang mencipatkan. Tendangan kaki kiri yang dilepaskan pemain asal Spanyol tersebut membuat bola melengkung sehingga menyulitkan Tim Krul menyelamatkan gawangnya.

Namun, Chelsea hanya mampu menikmati gol tersebut selama tujuh menit. Melalui serangan balik, Moussa Sissoko berhasil menaklukkan Cech. Pemain yang baru dibeli dari Toulouse tersebut dengan cepat menguasai bola rebound hasil tembakan Yoan Gouffran. Tanpa kawalan, pemain asal Perancis tersebut menceploskan bola.

Kedudukan imbang 2-2 membuat laga semakin sengit. Sissoko nyaris menjebol gawang Chelsea jika saja Cech tak sigap menepis tembakan Sissoko. Dan, Sissoko akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Newcastle. Dari sayap kiri, Santon berhasil masuk ke dalam kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan umpan kepada Sissoko pada menit ke-89. Tanpa ampun,  pemain berusia 23 tahun tersebut melepaskan tendangan kencang yang membuat bola bersarang ke pojok kanan bawah Cech.      

Susunan Pemain
Newcastle United: 
1-Tim Krul; 3-Davide Santon, 4-Yohan Cabaye, 26-Mathieu Debuchy, 27-Steven Taylor; 2-Fabricio Coloccini, 7-Moussa Sissoko, 11-Yoan Gouffran, 14-James Perch; 9-Papiss Demba Cisse, 18-Jonás Gutierrez
Pelatih: Alan Pardew

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole, 34-Ryan Bertrand , 24-Gary Cahill; 26-John Terry, 8-Frank Lampard, 7-Ramires, 10-Juan Mata, 11-Oscar; 29-Demba Ba (Torres 42)
Pelatih: Rafael Benitez

source:http://bola.kompas.com/read/2013/02/02/23555926/Sissoko.Pimpin.Newcastle.Permalukan.Chelsea?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp