Thirteen Bereksperimen Lewat Epidemic

Posted by Sangat Unik






Thirteen kembali meramaikan industri musik indie Indonesia. Band yang mengusung genre 
experimental rock ini kembali dengan album teranyarnya  Epidemic. Dengan membawa Jody (Vokal) dan
Epong (Keyboard/Synth) yang diplot sebagai pengganti Rudye, Thirteen membawa warna baru di dalam musik mereka.

Hadirnya vokalis perempuan memberikan sentuhan tersendiri yang menjadi ciri khas Thirteen saat ini. Karakter vokal yang tentu berbeda dengan pendahulunya, membuat Thirteen menjadi semakin menarik untuk didengar.


Thirteen juga membawa konsep baru dengan lagu-lagu mereka yang berbahasa Indonesia, simak di lagu Aku Adalah Aku. Dengan ciri khas khusus breakdown-breakdown ala Thirteen dan permainan keyboard Epong yang berbalut warna klasik dalam lagu ini, membuatnya sangat menarik. Vokal Raynard sungguh menarik. Karena dia mampu mengemas scream gaharnya dengan apik di lagu berbahasa Indonesia ini.



Lalu, di lagu S.A.D.A (Sombong Angkuh Dan Arogan), permainan pola naik turun lagu ini sangat menarik. Ada bagian dimana beat drum ala punk rock seolah mengajak kita untuk ber-moshing ria dan permainan upbeat yang apik dari Adit dan bagian shout-shout yang pastinya akan menjadi bagian seru di penampilan live mereka. Grandma’s Farewell Party part IIStukie Smile 2.0, dan Jakarta Story adalah lagu-lagu lama mereka yang kembali hadir di album ini. Perbedaan aransemen yang dihadirkan cukup signifikan, tetapi tidak menghilangkan esensi lagu-lagu ini sehingga tetap menarik untuk disimak. Labil adalah salah satu lagu berbahasa Indonesia mereka yang sangat catchy dengan dihiasi oleh permainan synthetizer yang mengalunkan nada-nada pop. Thirteen memberitakan pada penggemarnya bahwa mereka juga bisa membuat lagu yang membawa rasa ingin berdansa dan ber-headbanging.



Dua lagu dalam versi akustik yang tidak disangka-sangka hadir dalam album ini. Jakarta Story dan Time memberikan sensasi ketenangan di album ini. Sound yang dihasilkan juga membuktikan bahwa musik experimental bisa menjadi sangat nikmat didengar walaupun didominasiscream gahar. Kesan crunchy, riff gitar dan drum yang tebal membuat alunan musik Thirteen semakin mantap didengar. Yang patut disimak lebih dalam adalah kehadiran Jody sebagai vokalis perempuan di dalam musik Thirteen yang memberikan kesan pop rock. Karakter vokalnya sangat menarik saat dipadukan dengan karakter scream Raynard. Thirteen menjanjikan sebuah pengalaman musik experimental rock dengan balutan suara pop rock perempuan yang tidak bisa dianggap remeh. Epidemic adalah salah satu album yang menjanjikan bagi para pendengar musik metal dan experimental rock.



Thirteen - Epidemic

Sumber