Wasit Hungaria Pimpin Duel MU Vs Barcelona

Posted by Sangat Unik


Duel final Liga Champions yang mempertemukan dua klub Eropa Barat akan dipimpin oleh wasit asal 
Eropa Timur. Dan yang terpilih adalah wasit asal Hungaria.
UEFA telah mengumumkan wasit asal Hungaria
, Viktor Kassai sebagai pengadil laga Manchester United kontra Barcelona di Stadion Wembley, London, Sabtu 28 Mei 2011.
Wasit berusia 35 tahun ini telah memimpin lebih dari 60 kali laga UEFA. Pada final nanti, Kassai akan dibantu dua hakim garis yang juga berasal dari Hungaria, Gabor Eros dan Gyorgy Ring, plus wasit keempat Istvan Vad.
Selain itu, UEFA juga menyiapkan dua asisten wasit tambahan yakni Mihaly Fabian dan Tamas Bognar untuk pertandingan ini. Sedangkan wasit cadangan adalah Robert Kispal.


Sepanjang karirnya, hampir tak ada kontroversi yang dilakukan Kassai yang berlisensi FIFA sejak 2003 itu. Di Liga Champions musim ini, Kassai juga memimpin laga MU saat menekuk Valencia 1-0 di babak penyisihan grup. Ini menjadi kehormatan tersendiri bagi korps wasit Hungaria setelah Sandor Puhl memimpin final Piala Dunia 1994 antara Brasil melawan Italia.


Kassai juga menjadi wasit saat Spanyol menaklukkan Jerman 1-0 di semifinal Piala Dunia 2010. Saat itu, Spanyol diperkuat mayoritas pemain Barcelona macam Gerard Pique, Carles Puyol, David Villa, Xavi Hernandez, Pedro Rodriguez dan Andres Iniesta.
Tapi, Kassai juga sempat memimpin laga timnas Inggris melawan Bulgaria di kualifikasi Euro 2012. Saat itu, Inggris menang telak 4-0.
Ketegasan, kenetralan dan kecermatan Kassai sangat diharapkan dalam laga ini. Apalagi, final Liga Champions biasanya menyajikan drama-drama sengit dan menegangkan di lapangan hijau.