5 Film Tentang AIDS

Posted by Sangat Unik


Isu HIV dan AIDS telah menjadi isu global yang sampai sekarang belum ditemukan solusi penyembuhannya. Penyebaran HIV dan AIDS semakin hari semakin meluas dengan jumlah korban tiap tahunnya meningkat. Bertepatan dengan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada hari ini, 1 Desember 2011, ada lima film yang kita temukan dan semua menceritakan tentang isu HIV AIDS ini. Di setiap film ini menyimpan cerita-cerita yang menarik dan dikait-kaitkan dengan banyak hal yang terjadi di seluruh belahan dunia. Berikut daftar 5 film AIDS yang pernah dirilis.
1. Philadelphia
Sebuah film drama mengenai HIV dan AIDS yang diperankan oleh Tom Hanks dan Denzel Washington. Film yang dirilis para tahun 1993 dan digarap oleh Jonathan Demme lebih mengedepankan isu HIV dan AIDS dan hubungannya dengan isu homoseksualitas yang marak terjadi pada masa itu di Amerika Serikat. Dikisahkan Andrew Beckett, seorang pengacara handal yang menyembunyikan sifat homoseksualitasnya dan AIDS dari bosnya yang sangat konservatif terhadap homoseksualitas. Suatu saat dirinya dipecat lantaran ketahuan mengindap AIDS dan bertarung di pengadilan untuk memperjuangkan haknya melawan penyakitnya dia sendiri. Kemudian, Andrew kemudian menyewa seorang pengacara bernama Joe Miller yang memang mempunyai ketakutan akan homoseksualitas dan dia harus mengatasi masalah tersebut demi membantu Andrew. Film ini kemudian banyak menerima pujian dan penghargaan macam Academy Awards untuk aktor terbaik karena sisi sosial yang diangkat sungguh menyentuh.
2. A Mother's Prayer
Film drama mengenai HIV dan AIDS lainya adalah A Mother's Pray. Film ini mengisahkan seorang janda yang didiagnosa mengidap AIDS berjuang tidak hanya untuk mengatasi ketakutan akan penyakitnya namun juga berjuang untuk menemuka sebuah keluarga yang dapat mengasuh anaknya yang berusia 8 tahun sebelum dirinya meninggal. Film ini dibuat berdasarkan sebuah kisah nyata. Dirilis pada tahun 1995 dan disutradari oleh Larry Elikann dan Dibintangi oleh Linda Hamilton, Kate Nelligan dan Bruce Dern, film ini masuk nominasi Golden Globe pada tahun yang sama.
3. Angels In America
Pada 2003, HBO merilis mini seri dengan Isu HIV dan AIDS dan homoseksualitas yang kembali diangkat dalam Angels In America. Dengan menyisipkan isu runtuhnya kekuasaan presiden Amerika Serikat, Ronald Reegan pada 1985 dan penyebaran epidemi AIDS di seluruh negara bagian Amerika Serikat, Angels In America mengisahkan seorang kepala biara bernama Walters yang mengindap HIV AIDS dan ditinggalkan sang istri, Lou setelah dia memberitahu Lou bahwa dia mengidap AIDS. Di lain cerita, seorang pengacara bernama Roy Cohn dan seorang tukang suap dari politik sayap kanan Amerika Serikat, Joe Pitt merupakan pasangan homoseksual yang mempunyai peranan penting di gedung putih. Di dalam cerita ini, banyak alur cerita percintaan yang rumit hingga ada sedikit adegan mistis saat Roy yang akhirnya didiagnosa mengindap AIDS didatangi oleh seorang hantu bernama Ethel Rosenberg, seorang komunis amerika yang dihukum mati dengan kursi listrik pada tahun 1953. Film ini diperankan oleh bintang seperti Al Pacino dan Marlyn Streep
4. Breaking the Surface : The Greg Louganis Story
Isu HIV dan AIDS juga merambah ke dalam dunia olahraga. Pada tahun 1997, sebuah film mengenai altlet lompat indah peraih medali emas di tiga Olimpiade antara lain 1984 dan 1988, Greg Louganis yang mendapati dirinya terjangkit virus HIV dan AIDS setelah mengetahui ayahnya adalah pengidap HIV AIDS. Dia diketahui mengidap HIV saat doktor melakukan test darah setelah Greg mendapat kecelakaan di bagian kepala karena terbentur papan lompatan. Dan saat itu pula, Greg mengaku dia seorang gay dan siap menjalani kehidupannya sebagai gay. Film yang dibintangi oleh Mario Lopez ini mendapat penghargaan dari ALMA Award.
5. And the Band Played On
Yang terakhir ada And the Band Played on. Sebuah film drama yang disutradarai oleh Roger Spottiswoode, didasarkan dari sebuah best-selling book berjudul And the Band Played On: Politics, People, and the AIDS Epidemic karya Randy Shilts. Film ini mengisahkan tentang dokter ahli penyakit epidemik, Don Francis yang berkunjung ke sebuah desa di sekitar daerah Ebola, Zaire pada tahun 1976 dan menemukan para penduduk dan dokter-dokter disana terjangkit penyakit misterius terkenal dengan nama demam berdarah Ebola. Don mengkhawatrikan penyebaran virus ini akan meluas dan dia yang penasaran dengan penyakit ini langsung membuat teori yang intinya menyatakan bahwa penyakit ini disebabkan oleh kegiatan seksual. Teori tersebut ditentang kaum gay dan mereka pun tidak mau dituduh sebagai biang keladi tersebarnya virus tersebut. Di sisi lain, para ilmuawan Perancis dan Amerika Serikat berdebat siapa yang pertama menemukan virus tersebut. dibintangi oleh Matthew Modine dan Alan Alda, ini merupakan film dengan adaptasi cerita tentang HIV AIDS terbaik karena mendeskripsikan pertama kali HIV AIDS ditemukan. 

source: http://www.hai-online.com/Hai2/Movie/News/5-Film-Tentang-AIDS