Lokasi Terdalam di Dunia

Posted by Sangat Unik

Tahukan  anda dimanakah tempat terdalam di dunia?? jawabannya tak lain dan tak  bukan adalah palung Mariana. Palung Mariana adalah suatu tempat yang  terletak di dasar barat laut samudera pasifik tepatnya sebelah timur  kepulauan Mariana di 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur  longitude, dekat dengan Filipina dan Jepang.

Palung  ini adalah palung yang paling dalam didunia yang lokasi terdalamnya  berada di kerak bumi. dasar dari palung ini di bawah permukaan laut,  lebih jauh dari ketinggian gunung everest di atas permukaan laut.  Kedalaman palung ini mencapai 11,034 meter (36,201 kaki) di bawah  permukaan laut dengan panjang palung mencapai 2550 Km (1580 mil).

Sebagai  gambaran dengan kedalaman seperti itu, jika gunung Everest dengan  ketinggian 8.848 meter berada di dasar palung tersebut, maka puncak  Everest masih berada 2.076 meter di bawah permukaan laut. Atau jika kita  terjun bebas kedalamnya, kita membutuhkan waktu 5 jam untuk mencapai  dasarnya.


Penelitian :
  • Pertama  kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger  II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Challenger  Deep. Challenger Deep mendapat namanya dari survei Inggris dengan kapal  Challenger II, yang meneliti titik kedalaman laut dari Kepulauan Mariana  pada tahun 1951. Kemudian pada tahun 1960, Angkatan Laut Amerika  Serikat mengirim Trieste (sebuah kapal selam mini yang dirancang untuk  penyelaman laut dalam) turun ke ke dalam palung Mariana untuk melihat  seberapa jauh mereka dapat turun. Mereka turun 35.838 kaki/10, 923m.

    Trieste, 23 Januari 1960: Sesaat sebelum penyelaman

    Pada  tahun 1957, kapal Soviet Vityaz melaporkan kedalaman 11.034 meter  (36.200 kaki), yang dijuluki Mariana Hollow. (Meskipun klaim ini dibuat  oleh Soviet pada tahun 1957, penemuan belum diulangi oleh ekspedisi  pemetaan berikutnya menggunakan lebih akurat dan peralatan modern.)
  • Pada  tahun 1962, kapal MV permukaan Spencer F. Baird mencatat kedalaman  maksimum 10.915 meter (35.840 kaki), dengan menggunakan alat pengukur  kedalaman presisi.
  • Pada tahun 1984, Jepang mengirim Takuyō,  kapal survei yang sangat khusus, ke Palung Mariana dan mengumpulkan data  menggunakan multi-beam echo sounder, mereka melaporkan kedalaman  maksimum 10.924 meter, juga dilaporkan mecapai 10.920 meter ± 10 meter.
  • Pengukuran  yang paling akurat dalam catatan ini diambil oleh probe Jepang, Kaikō  yang turun tanpa awak ke dasar parit pada 24 Maret 1995 dan mencatat  kedalaman 10.911 meter (35.798 kaki).
  • Pada tahun 2003, sebuah  tempat itu ditemukan di sepanjang Palung Mariana, kedalaman yang berada  sekitar Challenger Deep, bahkan mungkin lebih dalam. Hal ini ditemukan  ketika para ilmuwan dari Hawaii Institute of Geofisika dan Planetology  sedang menyelesaikan survei di Guam mereka menggunakan sistem pemetaan  sonar ditarik di belakang kapal penelitian untuk melakukan survei.  Tempat baru ini bernama HMRG (Hawaii Mapping Research Group) Deep,  setelah kelompok ilmuwan yang menemukannya.
Cara kapal Takuyo mengukur kedalaman laut dengan menggunakan multi-beam echo sounder

Lempeng Tektonik dan zona subduksi

Inilah  yang terjadi di dasar Samudera Pasifik dari pulau-pulau Mariana. Bagian  yang benar-benar dalam dari lautan adalah di dasar palung yang  diciptakan oleh subducting kerak samudera.

Jadi bagaimana  Challenger Deep bisa begitu dalam? Yah, kerak bumi bukan merupakan salah  satu bagian dari batuan padat, itu benar-benar sangat tipis, seperti  kulit telur dibandingkan dengan ukuran telur. Bahkan, itu terdiri dari  lempeng besar kerak tipis yang “mengambang” pada batuan cair dari mantel  bumi. Sementara beredar pada mantel tepi lempeng ini meluncur satu sama  lain, bertemu satu sama lain, dan kadang-kadang bahkan crash. Kerak di  samudera lebih berat daripada kerak benua sehingga ketika pelat  bertabrakan, lempeng di samudera terjun ke bawah menuju mantel cair,  sedangkan yang lebih ringan, pelat kontinental naik di atas puncak.  Gaya-gaya mengemudi kedua pelat bersama adalah benar-benar kuat sehingga  mendasari samudra piring (piring yang subducted) menciptakan sebuah  parit di mana menyeret tepi subduksi kerak benua zonethe turun saat itu  turun di bawah (lihat gambar di sebelah kanan).

Tekanan hidrostatik
Ketika  Anda masuk ke dalam laut (atau badan air) dan Anda mulai menyelam ke  bawah, semakin anda menyelam semakin banyak air dari atas Anda. Air yang  terdapat diantara anda dan permukaan air, semakin besar tekanan pada  tubuh karena berat air melebihi anda. Tekanan ini disebut tekanan  hidrostatik.
Anda dapat benar-benar mendapatkan rasa tekanan hidrostatik ketika Anda masuk ke kolam renang
dan  menyelam sampai ke dasar terdalam. Anda akan merasakan tekanan  hidrostatik terhadap gendang telinga Anda, seperti mereka sedang diperas  atau didorong masuk Nah, Anda bisa membayangkan bagaimana tekanan yang  luar biasa harus berada di Kedalaman Challenger dengan hampir tujuh mil  di dasar laut- 16,000 pounds per square inch!
Tekanan air didalam  palung Mariana 1000 kali lipat dibanding dengan tekanan udara di mana  tempat kita hidup sekarang ini. Namun hal itu bukan berarti di dalam  palung Mariana ga ada kehidupan, di dalamnya juga ditemukan beberapa  jenis ikan dengan bentuk gepeng dan beberapa udang kecil

source: http://duniaunikmenarik.blogspot.com/2011/11/lokasi-terdalam-di-dunia.html