Trik Diet : Cara Mudah Memangkas Kalori

Posted by Sangat Unik

Trik Diet : Cara Mudah Memangkas Kalori

Kalori selalu jadi momok bagi yang sedang diet. Ingin dikurangi, tetapi sulit karena godaan makanan berkalori tinggi sangat banyak. Chef Meg Gavin, ahli nutrisi memberikan trik agar tetap kurus dengan cara masak yang lebih hemat kalori.

Pakai Kertas Roti
Dengan membungkus makanan, penggunaan minyak dan mentega bisa dikurangi, bahkan dihilangkan. Kertas berlapis lilin atau kertas roti atau kertas aluminium akan mengunci hawa panas makanan, dan juga, mudah dibersihkan. Kertas ini mudah didapat dan bisa dipakai sebagai alas atau bungkus makanan.

Gunakan Sayuran dan Buah Utuh
Jika selama ini sayur dan buah selalu dikupas sebelum dikonsumsi, mulailah untuk mengkonsumsinya dengan kulit. Contohnya adalah apel dan kentang. Kulit buah dan sayur menjaga serat tetap utuh dan tidak terbuang. Selain itu, kulit buah/sayur juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh.

Kurangi Keinginan Ngemil
Mengurangi bukan berarti menghilangkan sama sekali. Salah satu siasatnya adalah dengan mencampurkan oat, kacang, dan buah kering dalam satu wadah/stoples mini untuk camilan sehat. Ditaruh dalam wadah kecil mencegah kita untuk mengambil terus menerus. Jika camilan tersedia dalam jumlah banyak dalam stoples besar, kita sulit berhenti ngemil dan tanpa sadar satu stoples besar sudah habis. Nah, stoples mini jadi penolongnya.

Cari Pengganti Susu Berlemak
Chef Galvin menyarankan untuk mengganti heavy cream ataupun sour cream dengan bahan lain yang mengandung kalori lebih rendah. Penggunaan krim kental yang mengandung kalori tinggi dapat mengacaukan program diet.

Persiapkan Menu Seminggu
Rencanakan menu makan mingguan. Sekali-sekali jika ada waktu luang, boleh juga dimasak sendiri. Dengan begitu, ada acuan tentang apa yang akan dimakan, tidak asal pilih menu yang disodorkan. Rajin-rajinlah membuka referensi menu yang banyak tersedia di internet, agar tak kehabisan ide dan dapat wawasan baru.

source: http://www.detikfood.com/read/2011/12/19/172835/1794909/900/trik-diet-cara-mudah-memangkas-kalori?dthlutama