Contoh Wikipedia, Wikia Bakal Jadi Portal Game Terbesar

Posted by Sangat Unik

Situs Wikia.com disebut oleh pendiri Wikipedia, Jimmy Wales akan menjadi portal jejaring sosial game terbesar di dunia. 

Ini karena Wikia.com menggunakan konsep Wikipedia, yang mengandalkan peran semua orang di seluruh dunia, untuk mengirimkan konten.

CEO Wikia, Craig Palmer mendatangi kantor situs berita VentureBeat dan menceritakan apa yang akan dilakukan oleh Wikia dalam meningkatkan pertumbuhan anggota dan lalu lintas pengunjung. 

Seperti Wikipedia, Wikia akan memungkinkan setiap orang mengirimkan artikel, review, video, namun, yang dikhususkan untuk game. 

Meski sebelumnya telah ada portal game terbesar di dunia, yakni IGN.com, namun Palmer mengatakan, Wikia.com tidak bisa dibandingkan dengan IGN. 

Pengguna IGN memang jauh lebih besar dari Wikia, tetapi IGN hanya tersedia dalam satu bahasa. Wikia, akan terdiri dari berbagai bahasa seperti halnya Wikipedia. Dengan begitu, Palmer mengklaim, Wikia.com tak akan pernah surut. 

"Kami bukan forum atau tempat untuk Q&A (question and answer). Ini adalah komunitas untuk membuat konten yang abadi, seperti perusahaan media tradisional, tetapi tanpa hirarki," jelas Palmer.

Wikia tak akan pudarMenurut Palmer, tren jejaring sosial yang kini sedang merajalela, suatu hari akan pudar, namun Wikia.com akan bisa bertahan. "Pengguna kami adalah sekaligus pencipta situs ini, sehingga mereka akan terus terlibat," tambah Palmer. 

Menurutnya, rata-rata pengguna Wikia mengunjungi website minimal selama 30 menit setiap hari.

Sumber dana Wikia

Wikia telah menerima investasi sebesar 14 juta dollar AS dari Bassemer, First Round, Amazon, dan angel investor, seperti Ron Conway, Reid Hoffman, dan Mitch Kapor. 

Palmer percaya, kehadiran Wikia.com di era jejaring sosial merupakan waktu yang tepat untuk menarik perhatian investor.

Merekrut mantan eksekutif IGN

Untuk mengelola konten hiburan dan game sekaligus, Wikia merekrut mantan pemimpin divisi game IGN, Hillary Godstein. Wikia juga merekrut tenaga berpengalaman dari situs film, yakni Eric Moro. 

Wikia.com akan menyuguhkan produk editorial yang lebih jelas, dimana Goldstein dan Moro akan mengelola halaman pusat yang menampilkan game dan hiburan terbaik versi Wikia. 



source:http://tekno.kompas.com/read/2012/03/14/14180784/Contoh.Wikipedia.Wikia.Bakal.Jadi.Portal.Game.Terbesar