Top 10 gereja dengan arstitektur dan design indah

Posted by Sangat Unik

 
1.Las Lajas Cathedral
Terletak di daerah selatan Colombia, dibangun di atas lembah di atas sungai Guaitara, mulai dibangun pd tgl 1 Januari 1916 dan selesai 20 Agustus 1949
 
2. Sagrada Familia
Artinya keluarga yg suci merupakan gereja Katolik yg terdapat di Barcelona, Spanyol. Konstruksi pembangunan dimulai pd thn 1882 oleh Antoni Gaudi. Setelah Gaudi meninggal pd thn 1926 kemudian pembangunan diteruskan oleh Domenech Sugranves.

3. St. Basil’s Cathedral
Adalah sebuah gereja yang mempunyai banyak atap yang berbentuk kerucut di Lapangan Merah (Red Square) di Moskow, Rusia yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia antara Eropa dan Asia.
Pembangunan katedral ini diprakarsai oleh Ivan yang Kejam dan dibangun antara 1555 dan 1561 di Moskow untuk memperingati direbutnya Kekhanan Kazan.
 
4. Hagia Sophia
Gereja Kebijaksanaan Suci, atau Hagia Sophia dalam bahasa Yunani, Sancta Sophia dalam bahasa Latin atau Ayasofya dalam bahasa Turki, adalah sebuah bekas gereja dan sekarang museum, di Istanbul.
 
5. St. Peter’s Basilica
Santo Petrus (Bahasa Italia San Pietro in Vaticano) adalah sebuah basilika utama Katholik di Kota Vatikan, dikelilingi oleh Roma. Bangunan ini digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (dia meliputi area 23.000 m² dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000) dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Konstruksi basilika ini dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626.
 
6. Notre Dame
Notre Dame de Paris (bahasa Perancis untuk “Bunda Kita di Paris”, artinya gereja di Paris yang dipersembahkan pada Bunda Maria), biasanya disebut sebagai Notre Dame, adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité di Paris, Perancis, dengan pintu masuk utama di barat. Selain tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. Notre Dame de Paris dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur gothic Perancis.

7. Hallgrimskirkja
Hallgrímskirkja (gereja Hallgrímur) adalah gereja yg terletak di Reykjavík, Iceland. Dgn tinggi 74.5 metres (244 kaki), merupakan bangunan ketiga tertinggi di Iceland. Memerlukan waktu 38 thn untuk membangun gereja ini. Konstruksi dimulai pd thn 1945 dan selesai pd thn 1986. Gereja ini terletak di tengah kota dan menjadi salah satu landmark di kota itu.
 
8. Jubilee Church
Gereja Jubilee pertama dikenal dgn nama Dio Padre Misericordioso, selain berfungsi sbg gereja Jubilee jg merupakan pusat komunitas bagi 8000 penduduk Tor Tre Teste, Roma.
 
9. Notre Dame du Haut
Gereja ini terletak di Prancis dan dikenal jg dgn nama Ronchamp. Selesai dibangun pd thn 1954 dan merupakan contoh bangunan yg memiliki arsitektur yg indah di Paris/Swiss. Selain itu jg dianggap sbg bangunan religius yg penting di abad 20.
 
10. The Crystal Cathedral
Crystal Cathedral adalah sebuah megachurch yang berada di kota Garden Grove, di Kabupaten Orange, California Selatan. Gereja ini didirikan pada tahun 1979 oleh Pdt. Robert H. Schuller dan istrinya, Arvella, di lokasi yang hingga saat itu dikenal sebagai Garden Grove Community Church. Gereja ini memiliki arsitektur yang terkenal di seluruh dunia karya Philip Johnson. Bangunan gerejanya dibangun dengan menggunakan lebih dari 10.000 panel kaca. Gereja ini juga terkenal karena memiliki 5 orgel pipa yang besar dengan 280 rank yang dibangun oleh Fratelli Ruffatti. Instrumen ini memadukan orgel pipa besar Aeolian-Skinner yang dibangun pada 1962 untuk Avery Fisher Hall di New York.

source: http://grandparagon.com/index.php/2007/10/29/pic-top-10-gereja-dengan-arstitektur-dan-design-indah/