Van Persie Dua Gol, Arsenal Kalahkan Liverpool 2-1

Posted by Sangat Unik


Robin van Persie kembali jadi pahlawan sekaligus bintang Arsenal. Dia mencetak dua gol ke gawang Liverpool yang mengantar The Gunnersmemetik kemenangan 2-1 dalam laga di Anfield, Sabtu (3/3/2012) malam WIB.

Di depan pendukungnya sendiri, Liverpool tampil impresif di sepanjang 2 x 45 menit pertandingan dan jadi pihak yang tampil mendominasi. Meski banyak punya peluang, anak didik Kenny Dalglish cuma bisa melesakkan satu gol, itupun melalui aksi bunuh diri Laurent Koscielny di menit 23.

Ketidakmampuan memanfaatkan peluang yang dimiliki harus dibayar mahal karena gawang Pepe Reina justru dijebol Robin van Persie pada menit 33. Sepertinya akan menyudahi laga dengan masing-masing dapat satu poin, Van Persie ternyata mampu menjebol gawang Liverpool untuk kali kedua di menit 92. Skor 2-1 untuk The Gunners bertahan hingga laga usai.

Kekalahan ini menjadi langkah mundur buat 'Si Merah' karena baru pekan lalu mereka menjadi juara Piala Liga Inggris, selain menyulitkan upaya masuk empat besar demi meraih jatah Liga Champions musim depan. Liverpool pun kini bertahan di posisi tujuh klasemen dengan poin 39.

Sementara buat Arsenal, tiga poin dari laga ini membuat mereka punya 49 angka. 'Gudang Peluru' tertinggal empat poin dari Tottenham Hotspur di atasnya, yang baru akan bertanding Minggu (4/3/2012) besok menghadapi Manchester United.

Jalannya Pertandingan

Bermain impresif di sepanjang babak pertama, Liverpool justru terancam lebih dulu di menit delapan. Berhasil masuk ke kotak penalti, The Walcott melepaskan tembakan dari sudut sempit dan Pepe Reina berhasil menghentikan bola sambil menjatuhkan diri.

Di menit 18 Liverpool dapat hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Wojciech Szczesny terhadap Luis Suarez, meski tayangan ulang menunjukkan tak ada benturan keras terjadi antara keduanya.

Maju sebagai eksekutor, Dirk Kuyt melepaskan tembakan ke arah kiri yang dibaca dengan sangat baik oleh Szczesny. Bola yang mental ke dalam lapangan coba di-rebound Kuyt, kali ini ke arah kanan. Namun Szczesny kembali membuat penyelamatan gemilang dengan menghalau si kulit bundar.

Liverpool akhirnya membuka keunggulan di menit 23. Yang membuat The Reds memimpin justru pemain Arsenal yakni Laurent Koscielny setelah salah mengantisipasi umpan dari sisi kanan dan justru membelokkan ke gawang sendiri.

Di menit 25 tuan rumah punya dua kesempatan beruntun menambah keunggulan. Tendangan rendah Henderson ditepis Szczesny dengan ujung jarinya, bola yang mengarah ke sisi kiri langsung disambar Suarez dengan sepakan keras namun bola membentur tiang.

Pertandingan masuk menit 33 saat Arsenal bisa menyamakan kedudukan. Bacary Sagna melepas umpan dari sisi kanan dan berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Van Persie dari muka gawang, setelah dia berhasil lepas dari penjagaan Jamie Carragher.

Sebelum turun minum Liverpool punya kesempatan menambah gol. Yang pertama dari aksi individu Suarez melewati tiga pemain Arsenal namun sepakan terarahnya ditepis Szczesny, sementara di periode injury timesontekan Kuyt cuma membentur tiang gawang.

Di awal babak kedua Liverpool masih lebih dominan. Mereka pun langsung menyengat saat sepakan Suarez dari sudut sempit cuma menyasar jala gawang sebelah luar.

Peluang lain The Reds datang di menit 70 saat Martin Kelly yang berdiri di muka gawang gagal menyambar umpan silang datang yang dilepas Kuyt. Dua menit berselang gantian gawang Liverpool terancam, tapi gol urung terjadi karena Reina berhasil menghalau bola sepakan Walcott dengan kakinya.

Di menit 92, dari total delapan menit periode injury time yang diberikan wasit, publik Anfield bungkam. Sebabnya adalah gol yang dibuat Van Persie.

Lolos dari perangkap offside, Van Persie menyambut bola lambung yang datang padanya dengan sepakan voli kaki kiri. Si kulit bundar mengarah ke tiang dekat gawang dan tak mampu dihalau Reina. Arsenal balik unggul 2-1.

Susunan Pemain

Liverpool: Reina, Skrtel, Carragher, Enrique, Kelly, Adam, Spearing (90+4 Caroll), Henderson, Downing ('88 Bellamy), Kuyt, Su�rez

Arsenal: Szczęsny, Vermaelen, Koscielny, Gibbs, Sagna, Arteta ('53 Arteta) ('81 Oxlade Chamberlain), Song, Benayoun ('74 Gervinho), Walcott, Van Persie, Rosicky

source: sport.detik.com/sepakbola/read/2012/03/03/202003/1857209/72/van-persie-dua-gol-arsenal-kalahkan-liverpool-2-1