Wanita dengan Gagal Jantung Bisa Hidup Lebih Lama

Posted by Sangat Unik


Risiko kematian terkait penyakit gagal jantung pada pria dan wanita rupanya memiliki level yang berbeda. Riset terbaru mengindikasikan bahwa wanita dengan gagal jantung kronis cenderung dapat bertahan hidup lebih lama ketimbang para pria.

Dalam risetnya, peneliti melibatkan lebih dari 40.000 relawan. Analisis ini merupakan penilaian terbesar yang melihat hubungan antara jenis kelamin dan risiko kematian pada gagal jantung.

Sampai saat ini penyakit gagal jantung memang masih menjadi ancaman serius dan jumlah kasusnya terus meningkat. Banyak pasien dengan gagal jantung dapat bertahan hidup sampai usia tua, tetapi umumnya mereka mengalami kerusakan pada otot jantung.

Riset terbaru yang dipublikasikan dalam European Journal of Heart Failure, juga menemukan bahwa pasien gagal jantung yang tidak mengalami penurunan fraksi ejeksi, memiliki risiko kematian lebih rendah ketimbang mereka yang mengalami penurunan fraksi ejeksi. Fraksi ejeksi adalah sebuah pengukuran darah yang dipompa keluar dari ventrikel terisi. Tingkat normalnya adalah 50 persen atau lebih.

Peneliti mengungkapkan, penurunan fraksi ejeksi lebih sering terjadi pada pria



source: 
http://sawah-subur.blogspot.com/2012/03/oh-ya-wanita-dengan-gagal-jantung-bisa.html