6 Desain Pintu-pintu Mobil yang Unik dan Nyeleneh

Posted by Sangat Unik

Inovasi desain di sebuah mobil tidak melulu menyangkut desain bodi semata. Desain pintu mobil pun tampak terus berkembang. Ada beberapa desain pintu mobil yang terkenal di dunia yang terinspirasi dari berbagai hal mulai dari kupu-kupu, camar hingga gunting dan pisau.

Desain pintu mobil memang tidak terlalu diperhatikan oleh para pengendara. Tapi sesungguhnya, sebuah desain pintu mampu memberikan ciri khas tersendiri pada sebuah mobil. Lihat saja desain pintu mobil Lamborghini yang khas.

Berikut beberapa desain pintu mobil yang terkenal di dunia dilansir autoevolution.

Pintu kupu-kupu (Butterfly Doors)

Desain pintu ini mudah ditebak dan sesuai dengan namanya. Desain pintu seperti ini cukup berkontribusi untuk menciptakan citra agresig seperti sebuah supercar. 

Sistem pintu kupu-kupu ini memungkinkan pintu digerakkan arah luar lalu ke atas untuk meningkatkan akses sehingga di ruang sempit pun pengemudi bisa leluasa keluar masuk mobil.

Beberapa mobil yang menggunakan sistem pintu ini antara lain Ferrari Enzo, Saleen S7, Mercedes Benz SLR McLaren dan McLaren F1.




Ferrari Enzo


Suicide Doors

Nama desain pintu ini lumayan ekstrim karena seperti pintu bunuh diri. Padahal sesungguhnya desain pintumobil ini cukup sederhana yakni pintu bagian belakang dibuka ke arah belakang atau berlawanan dengan arah buka pintu bagian depan.

Sejak dahulu, kebanyakan desain pintu seperti ini digunakan oleh mobil-mobil merek mewah seperti Rolls-Royce Phantom dan Opel Meriva seperti terlihat di bawah ini.




Pintu Sayap camar (Gullwing Doors)

Ketika membicarakan desain pintu yang terinspirasi dari kepakan sayap camar ini hampir pasti ingatan kita akan tertuju pada nama produsen mobil Jerman, Mercedes-Benz. Karena Mercy pertama kali mengaplikasimobil ini di Mercedes-Benz 300SL yang legendaris.

Konsep desain pintu ini sebenarnya sederhana karena engsel pintu dipindah dari sisi samping pintu ke bagian atas. Sehingga untuk membuka pintu mobil ini kita bukan menggesernya ke samping, melainkan ke atas yang pada akhirnya akan membuat pintu itu seperti sayap.



Selain Mercedes-Benz 300SL, generasi baru mobil itu, SLS AMG, Gumpert Apollo, DeLorean DMC-12 dan Pagani Huayra juga menggunakannya.

Pintu Gunting (Scissor Doors)



Bila pintu model Gullwing identik dengan Mercedes-Benz, lain halnya dengan pintu model gunting atau Scissor Doors. Sebab bila melihat mobil berpintu gunting, setiap orang pasti akan teringat Lamborghini.

Namun, meskipun Lamborghini menggunakan desain pintu ini untuk jangka waktu yang panjang, sebenarnya produsen Italia lainnya yang diperkenalkan desain pintu ala gunting ini yakni Alfa Romeo yang merupakan merek yang pertama menerapkannya pada sebuah konsep, Carabo 1968 yang didasarkan pada desain yang diciptakan oleh Marcello Gandini.

Seluruh sistem ini cukup sederhana karena pintu gunting menggunakan engsel yang dipasang di depanpintu, tapi bukannya digeser ke arah luar seperti yang terjadi pada pintu konvensional, pintu gunting ini diarahkan ke atas secara vertikal sedikit mirip dengan pintu kupu-kupu.

Mobil-mobil seperti Lamborghini Aventador, Diablo, Murcielago, Reventon serta Spyker C8 dan Zagato C12, Bugatti EB110 dan Honda HSC tercatat menggunakan pintu model ini.



Sliding Doors

Desain pintu ini mungkin sudah akrab di mata para pengguna mobil di Indonesia sebab sudah banyak sekali mobil yang menerapkan desain pintu seperti ini mulai dari Daihatsu Luxio hingga Honda Freed.

Dengan desain yang membuat pintu dapat digeser menjadikan akses penumpang dan barang bawaan menjadi lebih leluasa meski ada di tempat sempit.



Canopy Doors

Jenis desain pintu ini tergolong ekstrim karena terinspirasi dari pintu sebuah jet tempur yang dibuka ke atas. Meskipun tampak nyeleneh, aksestabilitas pengemudi mobil yang menggunakan pintu jenis ini akan sangat tinggi.

Sebab meskipun mobil di parkir di tempat yang benar-benar sempit dengan mobil lain sangat dekat di mobiltersebut. Sebab si pengemudi hanya tinggal membuka pintu mobilnya ke atas dan keluar dari mobil.

Ada beberapa mobil yang diketahui mengaplikasi jenis pintu seperti ini seperti mobil konsep 1970 Ferrari Modulo, Saab Aero-X atau Volkswagen 1-liter concept.





source: http://oto.detik.com/read/2012/04/04/105232/1884708/1207/6-desain-pintu-pintu-mobil-yang-unik-dan-nyeleneh?hlutama