Mauna Kea, Gunung Tertinggi Yang Melebihi Tinggi Everest

Posted by Sangat Unik

Jika kalian ditanya gunung mana yang tertinggi di dunia? pasti kalian akan jawab Mount Everest. benar sekali, gunung tersebut menjulang dengan ketinggian sampai puncak 8.848 meter di atas permukaan laut, tapi taukahkamu ada beberapa metode untuk menilai ketinggian sebuah gunung yaitu.

1. Pengukuran dilakukan dari atas permukaan laut (from above sea level).
2. Pengukuran dilakukan dari dasar gunung (from its bottom/base).
3. Pengukuran dilakukan dari pusat bumi (from the center of the earth).

Jika menilai dari poin pertama maka Mount Everest yang pasti menang, dan memang kebanyakan gunung yang di data di bumi menggunakan metode yang pertama, lalu bagaimana jika menggunakan metode yang digunakan adalah metode yang ke 2? gunung tertinggi di bumi akan menjadi milik Mauna Kea, sebuah gunung di hawai, mengapa demikian?


Gunung Mauna Kea tampak dari Satelit


Gunung ini jika menggunakan metode pengukuran ketinggian yang pertama maka gunung ini mempunyai tinggi 4205 meter, tapi yang tidak banyak diketahui orang adalah gunung Mauna Kea hanya muncul tidak dari setengahnya jika diambil dari dasar laut. gunung ini benar2 satu kesatuan, bukan sebuah pulau. jika menggunakan metode yang ke 2 maka gunung ini memiliki tinggi dari kaki gunung sampai puncak yaitu 10,203 meter lebih tinggi 2 km dari gunung Mount Everest.



Perbandingan antara gunung Olympus (Planet Mars), Mauna Kea, dan Everest 


source: http://carboonj.blogspot.com/2012/04/mauna-kea-gunung-tertinggi-yang.html#ixzz1rGsA9Ej6