Google Doodle Rayakan Ultah Pematung Auguste Rodin

Posted by Sangat Unik

Headline

Google kembali memberikan apresiasi tinggi pada dunia seni. Kali ini Google memberi penghormatan kepada pematung legendaris asal Perancis, Auguste Rodin, dengan memajang karyanya di tampilan Google Doodle hari ini.
Hari ini, 12 November 2012, merupakan hari ulang tahun Auguste Rodin ke-172. Google turut memperingatinya dengan memasang gambar karya terkenal dari Rodin, yakniThe Thinker sebagai Doodle. Semasa hidupnya, Rodin termasuk salah satu pematung utama dalam masa modern.
Francois Auguste Rene Rodin, demikian nama lengkapnya, dilahirkan di Paris, 12 November 1840. Karya terkenal lainnya dari Rodin selain The Thinker (1902) di antaranya adalah The Kiss (1889), The Burghers of Calais (1889), The Walking Man (1878), dan The Age of Bronze (1877).
Rodin dianggap sebagai salah satu pematung terbesar dan paling produktif abad ke-19 dan 20. Sejumlah karyanya sangat inovatif dan non-konvensional, sehingga awalnya ditolak para kritikus senirupa Perancis.
Bertentangan dengan tradisi senirupa pada masa itu, Rodin meyakini bahwa patung haruslah merefleksikan subjek secara realistis, bukan dalam bentuk ideal.
Namun akhirnya, kejeniusan Rodin dikenali oleh para kritikus dan pemerintah Perancis membeli patung The Age of Bronze sebagai karya pertama Rodin yang dimiliki oleh negara.
Dalam seni pahat, Rodin memiliki kemampuan menyampaikan perasaan melalui ekspresi wajah dan melalui bagian-bagian individu dari tubuh manusia.
Ia menggoreskan lekukan-lekukan wajah yang dalam untuk menciptakan bayang-bayang yang kuat, sementara bagian wajah yang bertekstur memperkuat perasaan hidup dan gerakan, sesuatu yang tak terlihat pada bentuk pahatan klasik sebelumnya.
Pada 1880, pemerintah Perancis menugaskannya untuk merancang sepasang pintu untuk museum seni dekoratif yang akan dibangun.
Proyek yang terkenal dengan nama The Gates of Hell itu menyita seluruh waktu Rodin di sepanjang sisa hidupnya. Hingga akhirnya Rodin meninggal pada 17 November 1917, proyekThe Gates of Hell itu belum terselesaikan.
source: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1925680/google-doodle-rayakan-ultah-pematung-auguste-rodin