Mereka yang Berpeluang Amankan Tiket 16 Besar

Posted by Sangat Unik

Foto: Ist

Babak penyisihan Grup Liga Champions musim ini memang masih menyisakan tiga pertandingan. Meski demikian, sudah ada empat tim yang berpeluang mengamankan tiket babak 16 besar. Siapa saja mereka?

Jelang matchday keempat penyisihan grup, Rabu-Kamis dini hari nanti, FC Porto, Barcelona, Manchester United dan tim debutan Malaga punya peluang mengamankan tiket lolos ke fase knock-out. Syaratnya tentu, memetik kemenangan.

Keempat tim di atas diketahui punya rekor impresif di fase grup sejauh ini. Porto, Barca, United dan Malaga mencatat rekor sempurna alias meraih sembilan poin dari tiga laga. Untuk itu, kemenangan pada matchday keempat nanti dipastikan berbuah tiket lolos buat mereka.

Porto dan Malaga berpotensi menggenggam tiket tersebut lebih dulu, Rabu (7/12/2012) dini hari WIB. Namun, misi tersebut sepertinya tidak akan mudah terealisasi. Pasalnya, baik Porto dan Malaga akan melakoni laga tandang.

Porto yang saat ini memimpin klasemen sementara Grup A akan menyambangi markas Dynamo Kiev. Pada pertemuan pertama, skuad besutan Vitor Pereira sukses meraih kemenangan 3-2 atas Kiev. 

Peluang Porto untuk memastikan tiket lolos cukup terbuka, mengingat saat ini Lucho Gonzales dkk tengah dalam kepercayaan diri tinggi menyusul enam kemenangan beruntun yang mereka raih di berbagai ajang. Namun, Kiev dipastikan tak akan mudah dikalahkan. Selain bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Kiev yang saat ini menempati urutan tiga, juga tengah membutuhkan kemenangan demi terus membuka peluang lolos.

Sementara itu, pemuncak klasemen sementara Grup C, Malaga juga akan melakoni laga sulit saat bertandang ke markas peringkat kedua AC Milan (4). Benar, Malaga sukses menundukkan raksasa Italia tersebut 1-0 pada pertemuan pertama di Spanyol. Namun, laga di San Siro nanti dipastikan tidak akan mudah buat tim besutan Manuel Pellegrini tersebut.

Apalagi, Milan saat ini tengah kembali menemukan kepercayaan dirinya usai menang telak 5-1 atas Chievo di Serie A. Sementara Malaga sendiri datang dengan modal negatif, yakni kekalahan 1-2 dari Rayo Vallecano di La Liga, akhir pekan kemarin.

Pada pertandingan Kamis (8/11/2012) dini hari WIB, giliran Barca dan United yang berjuang untuk memastikan tiket lolos ke babak berikutnya.

El Barca yang untuk sementara menyandang titel pemuncak klasemen Grup F akan bertandang ke markas pimpinan klasemen sementara Liga Skotlandia, Celtic. Bermodalkan kemenangan 3-1 atas Celta Vigo sekaligus menjaga rekor impresif, belum terkalahkan di 10 laga La Liga.

Meski datang dengan rekor mentereng, namun Tito Vilanova dipastikan harus benar-benar meramu skuadnya dengan apik. Pasalnya, pada pertemuan pertama di Camp Nou, Barca sempat kesulitan meladeni Celtic dan harus menunggu hingga masa injury time untuk memetik kemenangan 2-1.

Manchester United jadi klub keempat yang berpeluang menggenggam tiket babak 16 besar lebih dulu. Berstatus pimpinan klasemen Grup H dengan sembilan poin, tambahan tiga poin akan memastikan United lolos ke babak 16 besar, baik itu sebagai juara grup ataupun runner-up.

Skuad arahan Sir Alex Ferguson akan melakoni laga tandang ke markas Sporting Braga. Menelisik kemenangan tipis 3-2 United atas lawan yang sama di Old Trafford pada pertemuan pertama lalu, misi meraih angka penuh di markas Braga dipastikan bukan perkara mudah buat Wayne Rooney dkk.

Namun, kubu United bisa sedikit membusungkan dada, karena mereka punya modal positif yakni kemenangan 2-1 atas Arsenal di Liga Champions.

source: http://bola.okezone.com/read/2012/11/05/262/713845/mereka-yang-berpeluang-amankan-tiket-16-besar