Pria Ini Gunakan Tangan Robot "Terminator"

Posted by Sangat Unik

detail berita

Nigel Ackland, pria asal Royston, Inggris, kehilangan lengannya karena kecelakaan enam tahun lalu. Kini, pria berusia 53 tahun ini hidup dengan tangan bionik berteknologi tinggi dan dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Dilansir Telegraph, Rabu (7/11/2012), Ackland mengenakan tangan mekanis mirip dalam film Terminator. Tangan robot tersebut bisa dikendalikan melalui gerakan pada bagian atas lengannya.

Tangan robot baru yang dinamakan Bebionic 3 Myoelectric ini terbuat dari bahan alumunium dan paduan knuckles (perangkat yang dikenakan di ruas jari). Tangan mekanis ini bisa digerakkan persis anggota tubuh (tangan) manusia yang sesungguhnya, melalui sistem respon dari otot penggunanya.

Otot lengan atas Ackland mampu memberikan sinyal terhadap sensor yang memicu salah satu dari 14grip (genggaman) pada sistem. Kemudian, otot lengan atas ini mampu mengontrol gerakan tangan mekanis tersebut secara alami.

Pola grip yang berbeda dapat dikendalikan, termasuk fungsi mengepalkan tangan, menunjukan jari serta menjepit. Kekuatan genggaman juga dapat diatur ketika penggunanya sedang memegang sebuah objek atau benda.

Tangan robot ini memiliki tingkat sensitivitas tinggi. Sehingga, penggunanya tetap dapat melakukan pekerjaan sehari-hari menggunakan tangan robot tersebut, misalnya mengetik di keyboard komputer, memotong sayuran, mengupas buah dan sebagainya.

Ackland kehilangan lengannya ketika bekerja di pabrik peleburan Johnson Matthey pada 2006. Ia merupakan salah satu dari tujuh orang di dunia yang diberikan tangan robot oleh perusahaan prostetik berbasis di Leeds, RSLSteeper. 

Tangan robot ini merupakan bagian dari percobaan (trial) selama empat bulan. Anda yang penasaran melihat video tangan robot tersebut, bisa mengakses LINK ini. 

source: http://techno.okezone.com/read/2012/11/06/56/714542/pria-ini-gunakan-tangan-robot-terminator