Mau Tau Penemuan Terbaik di 2012? Cek Nih!

Posted by Sangat Unik


cloudyexhibition

Dunia ilmu pengetahuan terus berkembang dari waktu ke waktu. Penemuan dari serangkaian penelitian juga terus dihasilkan namun dari sekian banyak penemuan baru sepanjang 2012, ada 6 yang terbaik.
Penemuan terbaik tersebut terbagi dalam beberapa kategori yang diukur berdasarkan harga temuan, mulai dari tidak ternilai (priceless), gratis, ratusan, ribuan, jutaan hingga miliaran dollar AS.
Apa aja? Let’s check this list out
1. Awan Indoor
Gambar awan yang sedang melayang di dalam sebuah ruangan bukan hasil rekayasa program Photoshop namun hasil kreasi seniman Belanda, Berndnaut Smilde. Berndnaut mengembangkan cara untuk membuat awan kecil di dalam ruangan.
Pembuatan awan itu harus direncanakan dengan teliti memenuhi syarat-syarat: suhu, kelembaban dan cahaya.
Setelah semua syarat itu dipenuhi, Berndnaut lantas membuat awan buatan dari udara menggunakan mesin penghasil kabut. Awan itu lantas bertahan beberapa saat, bergerak dan menimbulkan efek dramatis.
Nilai penemuan ini: tidak ternilai.
2.LiquiGlide
Pernah sebal karena mengetuk-ngetuk dasar botol saus sambal, saus tomat atau kecap yang tinggal separuh namun gak kunjung keluar melalui mulut botol?
Mahasiswa Massachusets Institute of Technology (MIT) bersama profesor mereka, Kripa Varanasi, menemukan material mikroskopik yang bisa melicinkan permukaan material kaca, keramik, besi hingga plastik.
Material ini bisa melapisi botol saus sambal dan tomat hingga sayap pesawat untuk memaksimalkan gerak aerodinamis. Tak perlu lagi mengetuk-ngetuk dasar botol saus Anda.
Harga temuan ini bila dikomersilkan diperkirakan US$25 per botol (Rp 250 ribu).
3. OraQuick, Pengetes HIV Cepat
Tak perlu lagi berlama-lama untuk mengetahui seseorang terinfeksi HIV atau tidak. Ada alat yang bisa mengetes itu dengan cepat bernama OraQuick, sebuah alat skala rumah tangga yang bisa mengidentifikasi antibodi yang mengandung infeksi HIV dari air liur. Hasilnya bisa didapatkan dalam waktu 20 menit saja.
Cara kerja alat ini sebenarnya sama dengan alat yang digunakan dokter di rumah sakit. Dalam kemasan OraQuick ini juga dilengkapi nomor telepon yang bisa dihubungi 24 jam bila konsumen positif HIV. Harga alat ini sekitar US$40 (Rp 400 ribu).
4.Eliodomestico, Penyuling Air Tenaga Matahari
Desainer freelance Gabriele Diamanti membuat alat penyuling air tenaga matahari. Gabriele berharap alat ini bisa bermanfaat untuk penduduk di sekitar pantai, terutama di negara-negara miskin dan berkembang, serta membantu penyediaan air bersih.
Alat ini diklaim lebih murah separuh dari alat pemurni air sekarang, dan 67% lebih efisien. Gabriele berharap ada pabrikan lokal di negara-negara berkembang yang mengadopsi desain open-source miliknya untuk diproduksi massal bagi penduduk lokal. Harga alat ini diperkirakan sekitar US$50 (Rp 500 ribu).
5. Sarung Tangan Berbicara
Mahasiswa Ukraina membuat sarung tangan yang bisa berbicara dan mendengar. Alat ini bisa menerjemahkan bahasa isyarat, memudahkan orang-orang difabel untuk berkomunikasi dengan orang awam yang tak mengerti bahasa isyarat.
Sarung tangan ini dilengkapi sensor yang mengenali bahasa isyarat dan menerjemahkannya ke dalam tulisan di ponsel pintar. Ponsel pintar itu kemudian menerjemahkan ke dalam bentuk suara. Harga sekitar US$75 (Rp 750 ribu)
6. Bahar Tower
Di Abu Dhabi, di mana suhu bisa mencapai 38 derajat Celcius, menjaga gedung tetap dingin adalah suatu tantangan. Al Bahar Tower menawarkan fasad yang bisa merekayasa suhu di dalamnya.
Bila suhu cukup panas, fasad di gedung itu menutup dan bila tak terlalu panas, fasad di luar gedung bisa membuka sendiri. Hal ini bisa mengurangi panas hingga 50%. Hal ini sekaligus menghemat energi karena mengurangi penggunaan AC dan mengurangi emisi karbon di gedung ini sebesar 1.750 ton per tahun.

source: http://www.la-lights.com/mau-tau-penemuan-terbaik-di-2012-cek-nih/