Promosi Wisata, Jepang Incar Media Sosial

Posted by Sangat Unik

Badan Pariwisata Jepang kini mulai melirik potensi media sosial sebagai cara promosi meningkatkan wisatawan ke negaranya. Pariwisata Jepang memang perlu diangkat kembali menyusul bencana gempa bumi, tsunami, dan bocornya instalasi nuklir beberapa waktu lalu.

Sebanyak 10.000 tiket gratis pun disiapkan untuk pengguna media sosial. Syaratnya, mereka yang ingin mendapatkan tiket gratis itu harus membantu promosi pariwisata Jepang, sebagai negara yang aman dan tujuan wisata yang menarik.  Cara pemasaran ketuk-tular (buzz marketing), memang selama ini sangat optimal dilakukan di media sosial.

Sejumlah traveller terpilih akan mendapatkan tiket penerbangan gratis, namun tidak untuk akomodasi. Mereka juga akan diminta menulis pengalaman selama berliburnya itu di media sosial.

"Kami berharap dapat pengaruh besar dari tipe-blogger seperti ini, dan orang-orang yang bisa menyebarkan informasi kalau Jepang merupakan negara yang aman untuk dikunjungi" kata Kazuyosho Sato, dari Badan Pariwisata Jepang.

Pariwisata Jepang memang mengalami penunan drastis sejak bencana yang menewaskan 20 ribu orang, beberapa waktu lalu. Setidaknya penurunan mencapai 50 persen hingga tiga bulan pertama usai bencana.

Tapi Jepang bukanlah negara pertama yang menggunakan media sosial untuk menungkatkan pariwisatanya. Thailand dan Malaysia beberapa waktu lalu juga mengadakan lomba untuk blogger, sebagai cara untuk meningkatkan pariwisatanya.

Hmm.. Mungkin cara yang sama juga perlu diterapkan di Indonesia. Apalagi, Indonesia selama ini juga dikenal sebagai salah satu negara dengan angka pengguna media sosial tertinggi di dunia.



source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/254981-promosi-wisata--jepang-incar-media-sosial