Sejumlah Fakta Unik Nintendo

Posted by Sangat Unik


Nama Nintendo memang tak bisa dilepaskan dari video game. Peran Nintendo pun sangat vital dalam evolusi konsol video game, terutama berkat Nintendo Entertainment System.

Sejumlah karakter video game pun hadir dan menjadi ikon Nintendo. Sebut saja Mario Bros, Donkey Kong, dan Zelda.

Namun, tak banyak yang tahu mengenai sejumlah fakta unik perusahaan yang didirikan Fusajiro Yamauchi pada 23 September 1889 ini. Seperti dikutip dari laman Mashable, berikut merupakan sejumlah keunikan Nintendo.

Berawal dari Pembuat Kartu 

Usia Nintendo yang mencapai 122 tahun jelas bisa dianggap sebagai kakek di bidang permainan. Nintendo bermula dari perusahaan pembuat kartu hanafuda, permainan kartu khas Jepang.

Saat itu, Nintendo masih bernama Nintendo Koppai. Kesuksesan Nintendo memproduksi kartu permainan ternyata masih berlanjut hingga sekarang. Bahkan, Nintendo rutin menggelar turnamen bridge yang diberi nama "Nintendo Cup".

Hotel Cinta


Mungkin terdengar aneh, tapi Nintendo pernah membuka hotel cinta. Jenis hotel yang populer di Jepang ini merupakan hotel yang dibuat sebagai tempat bercinta, dan memasang tarif per jam. Walau usaha ini begitu berkembang hingga tahun '60-an, namun Nintendo seperti berusaha mengubur bisnisnya ini. 

N&B Blocks


Nintendo pernah membuat mainan berbentuk brick (bata), layaknya Lego. Mainan itu bernama "N&B Blocks", dengan sudut curve, yang berbeda dengan sudut tajam Lego. N&B Bricks juga sempat muncul di Super Mario Land 2: 6 Golden Coins, sebagai salah satu lokasi permainan.

Perang Paten dengan Universal Studio
Universal Studio pernah mengajukan gugatan, karena Donkey Kong dianggap meniru King Kong. Di sekitar tahun '80-an itu, Nintendo baru menuai kesuksesan, sehingga mengerahkan segala cara untuk menang di pengadilan.

Nintendo kemudian menyewa pengacara Jack Kirby, dan berhasil menang karena cerita King Kong dianggap sebagai domain publik. Sebagai hadiah, Nintendo pun memberikan kapal layar dan hak ekslusif penggunaan nama Donkey Kong untuk digunakan kapal itu.
Menciptakan Tombol Salib di Joypad
Nintendo tercatat sebagai penemu tombol salib di joypad (disebut juga dengan nama d-pad, controller, atau stick). Tombol Salib ini digunakan sebagai tombol arah, dan ditemukan pertama kali oleh pencipta GameBoy, Gunpei Yokoi. Nintendo kemudian memasang tombol salib ini di joypad Nintendo Entertainment System, dan menjadi salah satu ikon konsol video game. Tombol salib ini juga dipasang di Super Nintendo, Nintendo Wii, hingga Nintendo DS.
Sensor Ketat
Pada tahun '80 hingga awal '90, Nintendo of America membuat kebijakan sensor ketat. Misalnya saja, jika ada gambar patung telanjang, maka akan dipasang pakaian atau bar diubah menjadi kafe. Tak hanya itu, bahkan dalam cerita game, tak ada penjahat yang menyelundupkan narkoba, melainkan menyelundupkan pisang.

Rencana Membuat Ponsel Game
Nintendo memang tercatat mematenkan perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk bermain game dan telepon. Tak hanya itu, Nintendo bahkan dikabarkan pernah merancang ponsel game itu bersama Nokia. Saat itu, Nokia juga sedang mengembangkan ponsel game N Gage. Tapi ide ini kemudian ditolak saat diajukan ke dewan direksi Nintendo.


source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/252316-sejumlah-fakta-unik-nintendo