Insomnia, Penyakit kah?

Posted by Sangat Unik


Sebagian besar orang orang di dunia ini mengidap Insomnia. Insomnia ini sendiri merupakan sebuah kondisi dimana Anda tidak dapat tidur di jam yang seharus nya orang orang yang lain bisa istirahat dengan nyenyak. Insomnia berkembang biak lebih cepat di kota kota besar seperti Jakarta. Namun, untuk saat ini mulai di ragukan apakah Insomnia ini sendiri merupakan penyakit atau hnaya sebuah kebiasaan saja?
Beberapa psikolog mengklaim bahwa insomnia adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang mental dan berkembang biak dengan cepat karena di pengaruhi oleh pola pikir atau segala hal yang mampu mempengaruhi cara berfikir seseorang. Namun walaupun begitu banyak juga para ahli yang berpendapat bahwa insomnia merupakan jenis penyakit dimana sang penderita tak bisa tidur dengan berbagai alasan. Misalnya saja karena mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak, merokok, rasa cemas akan sesuatu, stress dan depresi. Atau bisa juga di karenakan oleh tekanan pekerjaan yang anda miliki.
Dan untuk penderita insomnia akut tidak sedikit bahkan yang rutin mengkonsumsi obat penenangan dan obat tidur. Sebenarnya memang tidak ada yang ingin kondisi seperti ini. Yang parahnya bisa membuat seseorang ketergantungan dengan obat tidur. Dan faktanya ada sekitar sembilan puluh persen dari penderita insomnia baru bisa tidur nyenyak dengan menggunakan jalan hipnosis guna memperlambat aktivitas otak.
Karena memang terbukti bahwa aktivitas otak memang mempengaruhi kondisi kestabilan tubuh manusia. Terlebih lagi jika aktivitas otak seseorang tersebut tinggi akan  menyebabkan seseorang tidak bisa tidur walaupun sudah menggunakan obat tidur sekalipun. Gejala apakah seseorang itu insomnia atau tidak bisa dilihat dari keadaan fisik orang tersebut apakah mengalami kesulitan untuk tertidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.
Untuk membuktikan apakah insomnia tersebut di pengaruhi oleh tingkat stress yang dimiliki oleh penderita. Bisa kita ambil contoh misalnya seseorang yang sedang lembur bekerja hingga melewati jam tengah malam sebenarnya bisa saja langsung beranjak tidur. Namun dikarenakan aktivitas otang nya masih tinggi ditambahlagi tekanan yang ia punya untuk bangun pagi pagi pergi ke kantor agar tidak terlambat. Malahan membuat orang tersebut tidak dapat tertidur sama sekali.
Di tambah jika ia mengkonsumsi kafein untuk menghilangkan rasa kantuknya. Dan hal ini terus menerus berlanjut sehingga menjadi sebuah kebiasaan dan berlangsung terus menerus.
Sehingga jalan terbaik untuk menyembuhkan insomnia Anda adalah. Menemukan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab Anda kurang tidur. Dan merubah cara dan juga pola hidup Anda.
source: http://uniqhealth.com/1192/insomnia-penyakit-kah/