Steve Jobs dan Bill Gates Sudah Akur sejak 2007

Posted by Sangat Unik


Selama ini hubungan Steve Jobs dan Bill Gates selalu dikabarkan bersitegang. Buku biografi resmi Steve Jobs karya Walter Isaacson pun mengatakan demikian.
Namun, menurut Gates, hubungan dengan Jobs telah membaik sejak 2007.
Hubungan mereka berubah pada tahun 2007, ketika Gates meninggalkan Microsoft untuk mendirikan Yayasan Bill dan Melinda Gates bersama istrinya.
Sebelumnya, hubungan keduanya kurang harmonis karena perusahaan (Apple dan Microsoft) yang ditukangi keduanya saling bersaing.
Selain itu, pada medio 1980-an, Steve Jobs sempat menyebut Bill Gates mencuri teknologi antarmuka grafis (GUI) milik Apple untuk diterapkan di Windows.

Situs teknologi The Next Web mengatakan, Gates terlihat lebih humanis sejak meninggalkan Microsoft. Ia berkonsentrasi pada masalah penyakit dan kelaparan di negara miskin dan berkembang.

Jika Anda ingat acara bincang-bincang eksklusif Jobs dan Gates yang diselenggarakan situs teknologi All Things Digital dan dipandu oleh dua jurnalis The Wall Street Journal, hal itu juga terjadi pada 2007. Dalam acara tersebut, Jobs memuji Gates, begitu pun sebaliknya dengan Gates.

Beberapa bulan sebelum Jobs meninggal, Gates mengaku sempat bertandang ke rumah Jobs. Keduanya berbincang selama berjam-jam membicarakan masa lalu dan masa depan.

Tak hanya itu, ketika Jobs sedang sakit keras, Gates menyempatkan diri menulis surat kepada pendiri dan mantan CEO Apple itu.
"Saya memberitahu Steve tentang bagaimana ia harus merasa bangga dengan apa yang telah ia lakukan, dan perusahaan yang telah ia bangun. Saya menulis tentang anak-anaknya, sebatas pengetahuan saya," papar Gates mengenai garis besar isi surat itu.

Menurut Gates, Laurene Powell Jobs yang tak lain adalah istri Jobs, pernah mengatakan kepadanya, bahwa Jobs menghargai surat dari Gates dan menyimpannya di ranjang tempat ia mengembuskan napas terakhir.

Beberapa kali Gates menyatakan kekagumannya pada Jobs, meski selalu diselingi dengan argumen bahwa Microsoft lebih baik dari Apple. Sementara dari cerita Gates di atas, tampak bahwa Jobs pun cukup menghargai Gates dan seakan Jobs telah melupakan "dosa" yang pernah dilakukan Gates kepadanya.
source:http://tekno.kompas.com/read/2012/01/30/17123875/Steve.Jobs.dan.Bill.Gates.Sudah.Akur.sejak.2007