AFC: RI vs Bahrain, tidak ada indikasi curang

Posted by Sangat Unik

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yakin tidak ada upaya manipulasi skor dalam laga Bahrain versus Indonesia pada lanjutan Pra Piala Dunia (PPD) 2014, Rabu lalu. Laporan dari pengawas pertandingan dan wasit juga tidak mengindikasikan apapun.

Pernyataan ini disampaikan oleh Sekjen AFC, Alex Soosay, menyikapi investigasi yang akan dilakukan FIFA terhadap laga ini. "Saya telah membaca laporan beberapa media tentang dugaan pengaturan pertandingan. Namun saya yakin tak satupun tim kami yang terlibat dalam aksi ini. Bahrain memang lebih baik dari segi taktik maupun teknik," kata Soosay tadi malam.



Indonesia menyerah 0-10 dari Bahrain pada Pra Piala Dunia (PPD) zona Asia, Rabu lalu. Dalam duel ini, tuan rumah Bahrain membutuhkan kemenangan dengan selisih gol minimal sembilan gol. Meski demikian, Bahrain gagal lolos ke babak selanjutnya karena di laga lainnya Qatar akhirnya berhasil menahan imbang Iran 2-2.

Sebelum laga ini bergulir, pihak Qatar sudah mewanti-wanti akan terjadinya kemenangan dengan skor mencolok dalam laga Indonesia vs Bahrain. Apalagi dalam pertandingan ini PSSI tidak menurunkan sebagian pemain yang sebelumnya memperkuat timnas PPD 2014. Qatar resah karena timnya bisa tersingkir bila kalah dari Iran dan Bahrain menang dengan selisih sembilan gol.

Meski lolos, Pelatih Qatar Paulo Autuori tetap meminta agar AFC menginvestigasi pertandingan Bahrain vs Indonesia. Menurutnya, kemenangan 10-0 Bahrain atas Indonesia tidak masuk akal.

FIFA pun turun tangan dan tengah menyelidiki pertandingan dan hasil laga tersebut. Menurut FIFA, hasil ini tidak biasa bila dikaitkan dengan rekor pertemuan antara Indonesia dan Bahrain sebelumnya.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, sendiri menyambut gembira investigasi yang akan dilakukan FIFA. Sebab menurutnya, penyebab terbesar kekalahan timnya adalah keputusan wasit yang banyak merugikan Indonesia. Menurut Djohar, pihaknya bahkan telah resmi mengajukan protes kepada FIFA melalui inspektur pertandingan.

Soosay tidak sependapat dengan hal ini. Dia mengaku telah melihat laporan inspektur pertandingan dan wasit yang bertugas. "Apalagi saya sudah menelusuri laporan resmi dari inspektur pertandingan dan wasit, dan tidak ada indikasi apapun. AFC dan anggotanya telah bertekad untuk membasmi ancaman ini," beber Soosay.         



source: http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=236553:afc-ri-vs-bahrain-tidak-ada-indikasi-curang&catid=23:internasional&Itemid=42