Empat Tiket Tersisa Milik Siapa?

Posted by Sangat Unik

Foto: wordpress.com

Babak 16 besar Liga Champions musim ini sudah separuh jalan. Empat tim sudah memastikan diri lolos. Kini, misteri empat tim lainnya untuk melengkapi format delapan besar akan segera tersibak. Siapa saja yang lolos?

Pekan lalu, empat tim telah memastikan lolos. Mereka adalah AC Milan, Barcelona, Benfica dan klub Siprus APOEL Nicosia. Nah, tengah pekan ini, delapan tim akan saling bunuh untuk merebut empat tiket tersisa.

Inter Milan vs Olympique Marseille: 50 - 50

Jawara Liga Champions 2009-2010, Inter Milan akan berjibaku meladeni perlawanan kampiun 1992-1993 asal Prancis, Olympique Marseille di Giuseppe Meazza, Rabu (14/3/2012) dini hari WIB.

Inter mengusung misi wajib menang di laga penentuan ini, setelah sebelumnya dipaksa menyerah 1-0 oleh Marseille pada leg pertama di Stade Velodrome.

Bicara soal catatan rekor, Inter pantas was-was menghadapi Marseille. Menurut catatan, Inter baru mampu meraih dua kemenangan dari total sembilan pertandingan melawan tim-tim asal Prancis.

Hal ini belum ditambah dengan rekor buruk Nerazzurri di markasnya. Sepanjang perhelatan Liga Champions musim ini, Inter dipaksa menelan empat kekalahan dari lima laga kandang.

Nah, yang terakhir ini harus jadi perhatian serius pelatih Inter Claudio Ranieri. Inter telah tiga kali berhadapan dengan Marseille di Liga Champions. Parahnya, tiga laga tersebut berakhir dengan kekalahan dengan skor tipis 0-1. Ranieri wajib mengakhiri catatan negatif ini..!

Bayern Munich vs FC Basel: 60 - 40

Skuad FC Hollywood juga melakoni misi yang tak kalah sulit ketimbang Inter. Pada saat bersamaan, Bayern dituntut meraih kemenangan atas Basel di Allianz Arena, setelah sebelumnya kalah 0-1 pada leg pertama di markas Basel.

Menilik rekor pertemuan kedua tim, Bayern dan Basel sudah tiga kali bentrok di pentas Eropa. Hasilnya, Bayern sedikit lebih baik, yakni dengan meraih dua kemenangan.

Pada pertemuan terakhir di Allianz Arena, musim lalu, Bayern yang saat itu masih dibesut Louis Van Gaal sukses menggebuk Basel dengan skor mencolok 3-0. Kondisi ini semakin diperkuat dengan rekor kandang Bayern yang cukup mentereng dengan raihan 11 kemenangan dari 12 laga.

Namun, Bayern juga harus mewaspadai sepak terjang Basel yang kini tengah berambisi mencetak sejarah, sebagai tim asal Swiss pertama yang mampu menjejakkan kaki di babak delapan besar.

Impian itu bisa saja terwujud jika melihat performa yang ditampilkan Xherdan Shaqiri dkk sepanjang musim ini. Basel mencatatkan rekor cukup baik yakni belum terkalahkan di laga kandang, termasuk saat mengimbangi jawara tiga kali, Manchester United (3-3) di Old Trafford.

Real Madrid vs CSKA Moscow: 65 - 35

Selang sehari, Real Madrid akan menjamu wakil Rusia CSKA Moskow di Santiago Bernabeu. Madrid diketahui hanya membutuhkan hasil 0-0 untuk lolos, menyusul skor 1-1 saat kedua tim bentrok pada leg pertama di Moskow.

Melihat calon lawannya, Madrid yang sukses meraih 27 kemenangan dari 30 laga terakhir di semua kompetisi, diprediksi bakal melenggang ke perempat final. Apalagi, di 30 laga tersebut El Real selalu mampu mencetak gol.

Meski hasil imbang 0-0 sudah memastikan Madrid lolos, namun pelatih Jose Mourinho dipastikan bakal menuntut anak asuhnya untuk meraih kemenangan. Madrid merupakan satu-satunya tim yang mencatatkan rekor 100 persen kemenangan di fase grup.

Meski unggul dalam berbagai aspek, Madrid tetap harus mewaspadai CSKA. Dilansir situs resmi UEFA, CSKA sempat lima kali berhadapan dengan tim-tim asal Spanyol. Hebatnya, mereka belum sekalipun menelan kekalahan. Rinciannya: 3 kali menang dan 2 imbang.

Chelsea vs Napoli 50 - 50

Laga yang paling ditunggu-tunggu tentunya adalah duel Chelsea kontra Napoli. The Blues dipastikan harus tampil trengginas di hadapan publik Stamford Bridge, untuk bisa mengejar defisit dua gol, setelah sebelumnya kalah 1-3 pada leg pertama di San Paolo.

Laga ini bukan hanya sekadar satu tiket ke babak perempat final. Tapi juga pertaruhan gengsi antara dua kompetisi elit dunia, Premier League dan Serie A.

Chelsea dituntut menjaga gengsi kompetisi Inggris, karena mereka merupakan satu-satunya tim Inggris yang masih bertahan. Jika Chelsea gugur, maka rekor Inggris yang dalam 16 tahun terakhir tak pernah absen mengirimkan wakilnya di babak perempat final akan berakhir.

Selain menjaga gengsi, laga ini juga dipastikan bakal menjadi panggung pembuktian diri seorang Roberto Di Matteo yang menjabat pelatih interim, sepeninggal Andre Villas Boas yang dipecat.

Di bawah arahan Di Matteo, The Blues menunjukkan grafik permainan cukup baik yakni meraih dua kemenangan beruntun. Namun, kecerdikan mantan gelandang Chelsea ini dalam meramu formasi akan teruji di mana Di Matteo harus mampu membawa anak asuhnya menang 2-0 atau lebih jika ingin lolos.

Kubu Napoli sendiri nampak sangat percaya diri mampu mengeliminasi The Blues di hadapan publiknya sendiri. Edinson Cavani dkk saat ini juga tengah dalam kepercayaan diri setelah sukses mengakhiri catatan buruk di Serie A, dengan kemenangan 6-3 atas Cagliari. Well, siapa yang lolos??

Jadwal Leg II Liga Champions:

Rabu (14/3/2012) dini hari WIB:
Bayern Munich vs Basel
Inter Milan vs Olympique Marseille

Kamis (15/3/2012) dini hari WIB:
Real Madrid vs CSKA Moskow
Chelsea vs Napoli

Hasil Leg I:
Basel 1 – 0 Bayern Munich
Marseille 1 – 0 Inter
CSKA 1 – 1 Madrid
Napoli 3 – 1 Chelsea

source: http://bola.okezone.com/read/2012/03/12/262/591600/empat-tiket-tersisa-milik-siapa