Olahraga Membuat Lebih Pintar

Posted by Sangat Unik

Semua orang paham bahwa olahraga meningkatkan tingkat kebugaran dengan membuat otot-otot lebih tahan terhadap kelelahan. Tapi tahukah anda bahwa dengan olahraga yang teratur akan membuat lebih pintar? 

Penelitian sebelumnya telah menemukan, olahraga dapat memacu kelahiran mitokondria baru - struktur dalam sel yang memproduksi energi tubuh - pada otot. Proses ini akan meningkatkan daya tahan kebugaran sekaligus mengurangi risiko obesitas.

Namun sekarang, Tim dari University of South Carolina telah menemukan bahwa sesi treadmill biasa memberikan dorongan untuk pusat-pusat kekuatan sel di otak. Dengan begitu, kata pemimpin riset, Dr Mark Davis kekuatan sel ini akan membantu meningkatkan energi otak untuk bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

"Sel akan berevolusi dengan cepat sehingga membuat otak lebih muda," kata Dr Davis kepada Scientific American. Untuk jangka pendek kata dia, olahraga yang teratur juga bisa mengurangi kelelahan mental dan mempertajam pemikiran. 

Kesimpulan ini juga dikuatkan penelitian yang diterbitkan The Journal of Applied Physiology. Studi ini memperlakukan sekelompok tikus sebagai sampelnya. Setengah dari tikus yang diujicoba pada treadmill kecil selama setengah jam setiap sehari, sementara separuh tikus lainnya dibiarkan dikurung. 

Setelah delapan minggu, tikus-tikus ini dilepas. Ditemukan bahwa tikus yang diujicoba pada treadmill bisa berjalan selama 126 menit, sedangkan tikus yang dikurung hanya mampu berjalan 74 menit. 

Ini mengungkapkan bahwa tikus berjalan juga memiliki lonjakan dalam pembangunan mitokondria di otak, dengan berevolusi dengan cepat membentuk mitochrondria dan meningkatkan sinyal antara sel-sel otak.

Dr Davis mengatakan meskipun penelitian ini menggunakan hewan sebagai sampel, namun proses kerja otaknya sama dengan kerja otak manusia. Dia menambahkan bahwa joging 30 menit setara dengan ujicoba yang diperlakukan tikus pada treadmill kecil selama 30 menit pula.

source: http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119424/Olahraga-Membuat-Lebih-Pintar-