6 Cara Menyelamatkan Nyawa Michael Jackson

Posted by Sangat Unik

6 Cara Menyelamatkan Nyawa Michael Jackson

Kematian sang King of Pop, Michael Jackson tentunya menyisakan duka yang mendalam, tak hanya pada keluarga dekat namun juga fansnya di seluruh dunia. Bahkan sampai hari ini, lebih dari dua tahun setelah kematiannya, para fans masih berharap Michael tidak meninggal dan bisa kembali beraksi di atas panggung.
Sayangnya hal ini tak mungkin, karena Michael telah pergi meninggalkan para fans, yang diperkirakan karena kelalaian sang dokter pribadi, Dr. Conrad Murray. Walau tak benar-benar bermaksud membunuh pasiennya, paling tidak Murray seharusnya bisa menyelamatkan nyawa Michael, dengan beberapa cara, yang diungkapkan dalam persidangan di Los Angeles Superior Court.
Seorang kardiolog, Dr Alon Steinberg, menyatakan bahwa paling tidak ada enam kesalahan yang dilakukan Murray menjelang kematian Michael, yang membuatnya tak bisa menyelamatkan nyawa sang bintang. Steinberg menyatakan pada persidangan bahwa Murray:
1. Seharusnya tidak menggunakan Propofol, sebuah obat anestesi kelas rumah sakit yang sangat kuat, untuk mengatasi masalah insomnia yang diderita Michael.
2. Seharusnya tidak memberikan Propofol pada Michael di rumah, tanpa alat yang lengkap, pendamping medis, atau cadangan.
3. Tidak menyediakan persiapan yang cukup jika keadaan darurat terjadi.
4. Salah melakukan tindakan penyelamatan. Setelah Michael berhenti bernafas, Murray memberinya tindakan CPR dengan satu tangan di atas tempat tidur. Seharusnya Murray berusaha menyalurkan udara ke paru-paru Michael setelah tahu Michael tidak bernafas, bukannya memompa jantung yang sebenarnya masih berdetak. CPR pun harusnya dilakukan dengan dua tangan di atas permukaan yang keras.
5. Memakan waktu yang terlalu lama untuk memanggil 911 setelah Michael berhenti bernafas, terutama karena sebenarnya paramedis hanya butuh 4 menit untuk sampai ke TKP.
6. Tidak melakukan pencatatan medis yang akan memudahkan pemeriksaan jika ada keadaan darurat.
Jika saja Murray bisa melakukan keenam prosedur ini dengan baik, maka Michael mungkin masih akan bersama kita sampai hari ini. Tapi, when it comes to God's plan, who knows?
source: http://www.kapanlagi.com/showbiz/hollywood/6-cara-menyelamatkan-nyawa-michael-jackson.html