Sirkuit F1 Akan Dibangun Di Lombok – NTB

Posted by Sangat Unik

Pengen nonton balap F1 secara langsung di Indonesia? Tidak usah khawatir, beberapa tahun kedepan bisa jadi kita bisa menikmatinya bersama.
Bali Tourism Development Corporation (BTDC) akan membangun sirkuit F1 di Mandalika – Lombok – NTB. Lahan seluas 1.175 hektar telah disiapkan untuk pembangunan sirkuit F1 ini. Nantinya sirkuit ini akan berada di tengah kawasan wisata Mandalika.
kawasan-wisata-mandalika
Kawasan Wisata Mandalika
Menurut Alvaradar Erlangga Gandjar, Senior Officer Business Development BTDC, Dana yang dipakai untuk pembangunan ini berasal dari perusahaan swasta dan tidak melibatkan dana pemerintah.
“Dana untuk pembangunan ini kami sendiri yang mencari dan menyiapkan uang untuk biaya infrastruktur. Dan selama 6 bulan terakhir, kami sudah menyiapkan segalanya untuk menerbitkan obligasinya” ungkapnya.
Diperkirakan untuk pembangunan infrastruktur tahap awal ini akan menghabiskan setidaknya Rp 500 milyar. Dengan menerbitkan obligasi, BTDC akan dengan mudah mendapatkan dana untuk membangun infrastruktur awal dan penunjang yaitu jalan di dalam area sirkuit, pedestarian, saluran sanitasi dan saluran untuk irigasi tanaman di dalam area. Pengelolaan proyek ini diserahkan kepada PT. Global Land Development yang juga merupakan anak usaha dari MNC Group.
Selain Sirkuit F1, perusahaan MNC Group akan ikut berpartisipasi memeriahkan Mandalika Resort dengan membangun taman hiburan seperti Disneyland, Underwater Park dan Technopark. Tidak ketinggalan juga akan ada Plenary Hall seperti JCC (Jakarta Convention Center) dan pelabuhan laut internasional untuk kapal pesiar. Perusahaan lain yang ikut berpartisipasi adalah Rajawali Group melalui anak usahanya PT. Canvas Develovment sdn.bhd, yang akan membangun hotel berbintang dan villa.
source: http://gugling.com/2012/01/12/sirkuit-f1-akan-dibangun-di-lombok-ntb/