7 Alasan Mengapa Badan Terasa Lelah Ketika Bangun Pagi

Posted by Sangat Unik


Anda mungkin pernah mengalami kondisi tubuh yang begitu lelah ketika bangun di pagi hari. Tidur seharusnya dapat memulihkan energi bukannya menyisakan efek kelelahan ketika bangun. Jika hal ini terjadi, mungkin Anda melakukan kesalahan yang dapat mempengaruhi pola tidur dan bangun tidur.

Berikut 7 alasan mengapa badan Anda merasa terlalu lelah ketika bangun tidur di pagi hari, seperti dilansir self, Sabtu (29/9/2012) antara lain:

1. Anda melewatkan olahraga
Olahraga tidak hanya membakar kalori saja, tetapi juga membakar energi. Jika tubuh terlalu banyak menyimpan energi, maka Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak di malam hari dan kadang akan terbangun karena gelisah.

Tetaplah pada rutinitas olahraga yang teratur, berolahraga setidaknya tiga atau empat kali seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur dan Anda dapat bangun dengan bugar di pagi hari.

2. Anda terlalu asik dengan sosial media hingga tidur larut malam
Berselancar di dunia maya dan berkomunikasi dengan teman melalui twitter atau facebook dapat membuat Anda tidak menyadari bahwa waktu cepat sekali berlalu dan tanpa sadar telah terlalu larut untuk pergi tidur.

Kurangnya tidur di malam hari tentu akan membuat Anda merasa kelelahan ketika bangun tidur di pagi hari. Selain sosial media, tidur juga akan terhambat oleh faktor lain seperti lampu dari ponsel, komputer, dan TV yang merangsang otak tetap terjaga lebih lama. 

Matikan semua alat elektronik dan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur dan sebagai gantinya dapat dilakukan dengan membaca buku atau melakukan beberapa peregangan sampai Anda mengantuk dan tertidur.

3. Anda makan makanan yang terlau pedas untuk makan malam
Makan makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut ketika Anda mencoba berbaring setelah makan malam. Anda tidak akan bisa tidur atau tidur dengan bersendawa atau akan merasa kerongkongan terbakar.

Bila Anda tidak bisa tidur dan beberapa kali terbangun di tengah malam, Anda akan terbangun dengan perasaan lelah. Untuk memperbaiki masalah ini hindari makanan pedas, buah jeruk, saus tomat, dan makanan lain yang menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Anda minum terlalu banyak kafein
Selain membuat Anda terjaga sepanjang malam, kafein juga dapat menyebabkan mulas. Berhenti minum minuman berkafein sejak siang hari atau lebih awal jika hal tersebut yang membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari.

5. Anda minum minuman berlakohol tepat sebelum tidur
Minum alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Selain itu alkohol juga mengganggu pola tidur tubuh Anda dan menyebabkan kondisi terlalu lelah untuk bangun di pagi hari.

6. Anda lupa untuk mematikan dering handphone
Tidak ada yang salah dengan menjaga handphone tetap menyala di samping tempat tidur agar Anda terbangun oleh alarm ketika pagi, tetapi jika Anda tidak mematikan dering handphone, mungkin tidur Anda akan terganggu dengan notifikasi email dan sosial media lainnya.

Setiap suara yang bisa berpotensi membangunkan Anda dari tidur harus dimatikan sebelum tidur agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

7. Anda selalu kepikiran akan masalah-masalah tertentu
Terlalu memikirkan suatu hal entah itu urusan kantor, urusan percintaan atau masalah keluarga sekalipun kadang membuat seseorang tidak bisa tidur dengan mudah. Anda dapat menuliskan semua keluh kesah yang memenuhi pikiran Anda ke dalam sebuah buku catatan atau diary.

Hal ini dapat sedikit membantu melegakan dan membuat Anda tidur dengan tenang agar terbangun di pagi hari dengan keadaan bugar.

source: http://health.detik.com/read/2012/09/29/075748/2045079/766/7-alasan-mengapa-badan-terasa-lelah-ketika-bangun-pagi?l11755bank