Ferguson Bicara soal Rooney dan Tragedi Hillsborough

Posted by Sangat Unik


Pelatih Manchester United (MU), Alex Ferguson, mengatakan, penyerang Wayne Rooney belum akan sembuh dari cedera paha saat timnya melakoni duel Premier League melawan Liverpool, di Anfield, Minggu (23/9/2012).

Rooney mengalami cedera akibat kontak fisik dengan penyerang Fulham, Hugo Rodallega, pada pertandingan Premier League, di Old Trafford, 25 Agustus 2012. Menurut Ferguson, saat melawan Liverpool, ia akan menurunkan pemain-pemain yang tampil melawan Galatasaray pada fase grup Liga Champions, Rabu (19/9/2012).

"Pemain yang berada dalam kondisi siap tampil Rabu lalu siap tampil melawan Liverpool. Saya tahu, ada berita yang menyebut Rooney mungkin bermain, tetapi sebenarnya tidak begitu. Ia akan sembuh tak lama lagi. Menurut saya, ia akan berada dalam kondisi baik pekan depan," ujar Ferguson.

"Ia berlatih dengan sangat baik dan keras. Ini hanya soal membuatnya berlatih secara penuh, yang sejauh ini baru ia lakukan sebagian."

"Ashley Young menderita memar pada tulang rawannya. Menurut saya, ia butuh waktu (untuk pulih) dua atau tiga pekan lagi. Kami hanya menunggu saat itu. Dalam keadaan seperti (Young), Anda bisa bermain dengan mudah dan berlatih, tetapi kami tak akan menempuh jalan itu. Kami ingin memastikan ia baik-baik saja."

"Kami mendapatkan banyak pengalaman akhir-akhir ini soal cedera yang kembali muncul ketika mereka bermain kembali terlalu cepat dan kami tak menginginkan itu terjadi pada para pemain. Kami ingin mereka pulih secara penuh. Ia seharusnya akan berada dalam kondisi baik dalam dua atau tiga pekan," tuturnya.

Pertandingan antara Liverpool dan MU itu merupakan pertandingan pertama di Anfield sejak Panel Independent Hillsborough mengumumkan hasil temuan mereka, yaitu suporter sama sekali tak bersalah dalam tragedi Hillsborough, yang menewaskan 96 orang pada semifinal Piala FA 1989. Ferguson pun mengingatkan suporter untuk menjaga perilaku mereka pada pertandingan tersebut.

"Rivalitas antara kami dan Liverpool berdasar pada keinginan untuk menjadi yang terbaik, sebuah harapan melihat diri kami dinobatkan sebagai yang terbaik melawan tim yang begitu lama memegang gelar itu," ujar Ferguson.

"Rivalitas ini tak boleh dan jangan sampai didasarkan pada kebencian personal. Sepuluh tahun lalu, kita mendengar soal kematian 96 suporter yang menyaksikan tim mereka berusaha mencapai final Piala FA dan tak pernah kembali. Apa yang terjadi kepada mereka seharusnya menggugah kesadaran setiap orang yang terkait dengan sepak bola."

"Tim kami yang besar dengan klub tetangga kami yang besar, yaitu Liverpool, hari ini memperingati dan menghormati perjuangan mereka untuk mendapatkan keadilan. Saya tahu, saya bisa berharap kepada Anda untuk berdiri bersama kami dalam tradisi terbaik suporter-suporter terbaik di dunia sepak bola," tuturnya.

source:http://bola.kompas.com/read/2012/09/22/06194975/Ferguson.Bicara.soal.Rooney.dan.Tragedi.Hillsborough