Ditemukan Spesies Monyet Baru di Afrika

Posted by Sangat Unik

Para peneliti baru saja menemukan seekor spesies baru dalam keluarga monyet di kawasan pedalaman Afrika, spesies ini dinamai oleh penduduk lokal Lesula (Cercopithecus lomamiensis). Nama Cercopithecus lomamiensis berasal dari nama sungai dekat tempat ia ditemukan.

Lesula sebenarnya telah lama diketahui saat peneliti menjumpai seorang warga yang menggandeng monyet aneh yang diduga sebagai Lesula pada tahun 2007 silam, namun kini keberadaan Lesula sudah terkuak dan benar adanya. Penemuan ini tentunya menjadi penemuan pertama kalinya sejak 28 tahun yang lalu.

"Tim pekerja lapangan kami secara rutin berada di Opala, daerah dimana kami bekerja. Namun saya melihat sesuatu yang unik datang dari arah timur dan itu adalah Lesula." ujar Dr. John Hart dari Lukuru Foundation selaku pimpinan dari proyek penelitian ini.

Spesies yang ditemukan ini memakan dedaunan, buah-buahan, dan bunga. Tampak dari wajahnya terdapat dua bola mata berukuran besar yang menyerupai manusia.

Hewan berwarna keemasan dan juga berhidung panjang ini menurut penelitian diidentifikasi sebagai kelompok monyet dunia lama (Old World).


source: http://www.bimapedia.com/2012/09/ditemukan-spesies-monyet-bari-di-afrika.html#ixzz26RDV4sDX