Medan 'Perang' Baru Samsung Vs Apple: Jepang

Posted by Sangat Unik

Perang gugatan antara Apple dan Samsung terus berlangsung. Sebelumnya, Apple berhasil meredam pemasaran Samsung di Eropa dengan dilarangnya penjualan sejumlah produk Samsung tipe Galaxy atas perintah pengadilan.

Kini, Apple pun membuka medan pertempuran baru dengan Samsung: Jepang. 

Kabar mengenai gugatan Apple terhadap Samsung atas pelanggaran paten pertama kali diberitakan media Jepang, Kyodo News. Apple disebut melayangkan gugatan di Pengadilan Distrik Tokyo.

Apple menilai Samsung Galaxy S yang berbasis Android melanggar paten yang dimiliki iPad dan iPhone. Namun, tidak dijelaskan secara spesifik mengenai pelanggaran paten yang dimaksud. 

Pengadilan perdana disebut berlangsung kemarin. Dalam sidang, Apple dikabarkan melayangkan gugatan ganti rugi sebesar 100 juta yen, atau sekitar Rp11,1 miliar. Namun, Samsung Jepang siap untuk meladeni panjangnya persidangan yang harus ditempuh.

Namun, belum ada konfirmasi resmi dari Apple dan Samsung mengenai persidangan perdana tersebut.

Menariknya, Samsung Galaxy S merupakan smartphone terlaris yang dijual provider Docomo di Jepang. Sedangkan, Apple memilih SoftBank, yang merupakan kompetitor Docomo, untuk memasarkan iPhone dan iPad di Jepang.

Penjualan Samsung di Jepang pun terbilang fantastis, jika dibandingkan dengan Apple. Untuk tipe Samsung Galaxy S II misalnya, Docomo berhasil menjual 100.000 unit dalam tiga hari pertama peluncurannya di bulan Juli lalu. Ini merupakan rekor penjualan yang dilakukan Docomo.

Selain itu, Docomo juga telah mengumumkan akan menjual Galaxy Tab untuk pasar Jepang. Galaxy Tab 10.1 merupakan tablet produksi Samsung, yang diperkirakan akan menyaingi iPad.



source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/245652-medan--perang--baru-samsung-vs-apple--jepang