Kata 'Retweet' Masuk Kamus Oxford

Posted by Sangat Unik

Kata-kata yang sering digunakan dalam media online saat ini, naik status. Beberapa di antaranya termasuk dalam 400 kata baru dalam edisi ke 12 dari kamus Concise Oxford English yang diterbitkan pada bulan ini.

Kantor berita Associated Press menyebutkan bahwa salah satu dari 24 ribu kata baru dalam kamus adalah retweet. Retweet adalah kata untuk memposting kembali kata-kata dari pengguna twitter lainnya.

Seorang editor kamus, yakni Angus Stevenson mengungkapkan beberapa entri baru dalam postingan blognya pada Kamis kemarin. Terungkap beberapa kata-kata baru menjelaskan bentuk-bentuk perilaku dan komunikasi yang diciptakan oleh perkembangan teknologi.

Ada cyberbullying, suatu bentuk pelecehan online, dan textspeak, bahasa yang digunakan dalam pesan singkat ponsel. Dan, tentu saja,sexting - mengirim foto eksplisit atau pesan dari ponsel.

Kata-kata lainnya ialah jeggings - jeans dan legging perpaduan populer oleh dua jenis pakaian itu dan dianggap sebagai kejahatan fashion oleh orang lain - dan mankini, baju renang gaya sling dibuat terkenal oleh karakter komik Borat.

"Edisi terbaru juga menambahkan arti baru untuk kata-kata yang ada seperti 'friend' dan'follower' untuk mencerminkan teman baru mereka. Seorang teman tidak lagi hanya seorang teman di dunia nyata, tetapi juga kontak pada sebuah situs jaringan sosial," jelasnya.

Berbeda dengan 20 edisi Oxford English Dictionary, edisi the concise dibuat untuk memasukkan istilah modern dan gaul saat mereka memasuki penggunaan umum. Pada edisi pertamanya di tahun 1911 menampilkan kata-kata mendatang seperti aeroplane, motorist dan flapper.

"Penambahan baru sudah menjadi tradisi dari sebuah kamus yang selalu berusaha untuk menjadi progresif dan up to date," tambahnya.

Awal tahun ini compliers mengakui terdapat ratusan kata-kata baru yang akan dimasukan kedalam kamus Oxford English Dictionary utama, termasuk singkatan dalam dunia maya seperti OMG, "Oh My God", LOL, "laughing out loud", dan IMHO, "in my humble opinion".



source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/242039-kata--retweet--masuk-kamus-oxford