Beginilah Perbandingan Wajah Perokok dan Bukan

Posted by Sangat Unik

Bahaya rokok yang merusak jantung, paru, otak sudah banyak diketahui orang. Tapi tanpa disadari, efek merokok juga membuat orang buruk rupa dan tampak lebih tua.

Meski memiliki usia yang sama, wajah sepasang saudara kembar akan tampak berbeda bila salah satunya adalah perokok. Merokok dapat menyebabkan perubahan kulit, gigi, rambut, yang dalam kesatuan akan membuat penampilan Anda sangat buruk.

Berikut beberapa gambaran yang terjadi pada wajah dan tubuh perokok, seperti dilansir webmd, Senin (27/2/2012):

Lebih banyak kerutan di wajah


Kembar B adalah perokok yang menghisap setengah bungkus rokok setiap hari selama 14 tahun, sedangkan kembar A sama sekali tidak pernah merokok. Dari gambar tersebut, dari wajah kembar terlihat kulit yang kendur dan longgar di bawah mata. Di dahinya juga lebih banyak terlihat kerutan-kerutan.

Bintik-bintik penuaan


Bintik-bintik penuaan adalah bercak warna kulit yang lebih gelap, yang biasanya banyak terdapat di wajah dan tangan. Setiap orang dapat mengembangkannya bila terlalu banyak berada di bawah sinar matahari, tetapi penelitian menunjukkan perokok lebih rentan mengalami bintik-bintik penuaan.

Dalam gambar ini, kembar di kanan menghabiskan puluhan tahun merokok dan berjemur, sedangkan adiknya tidak.

Garis kerutan di sekitar bibir


Perokok menggunakan otot tertentu di sekitar bibir yang menyebabkan banyak garis kerutan di sekitar bibir. Selain itu, rokok juga dapat menghilangkan elastisitas kulit sehingga makin memperparah kerutan.

Gigi kuning dan rusak


Gigi kuning adalah efek jangka panjang yang akan dirasakan perokok. Tak hanya berhenti di situ karena kerusakan gigi dan gusi juga mengancam. Orang yang merokok cenderung mengembangkan penyakit gusi, bau mulut terus-menerus dan masalah kesehatan gigi. Perokok dua kali lebih mungkin untuk kehilangan gigi dibandingkan orang bukan perokok.

Kulit dan payudara kendur


Merokok tidak hanya merusak penampilan wajah tetapi juga tubuh Anda, seperti menghilangkan elastisitas kulit yang bisa terlihat di daerah lengan dan payudara. Para peneliti telah mengidentifikasi merokok sebagai salah satu penyebab payudara kendur.

Kebotakan dini


Baik pria maupun wanita cenderung mengembangkan kerontokan rambut karena usia dan merokok dapat mempercepat proses tersebut. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan orang yang merokok lebih mungkin untuk mengalami kebotakan. Para peneliti di Taiwan telah mengidentifikasi merokok sebagai faktor risiko yang jelas untuk pola kebotakan pada pria Asia.

Katarak


Merokok membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan katarak. Katarak adalah gangguan mata yang terjadi di lensa sehingga pandangan jadi kabur atau buram dan menjadi penyebabpaling umum terjadinya kebutaan.

source: http://www.infoseru.com/2012/02/beginilah-perbandingan-wajah-perokok.html