Inilah Kriteria Film Yang Bisa Menang Oscar

Posted by Sangat Unik

Pemenang Piala Oscar 2012 telah diumumkan pada hari Minggu lalu (26/2/2012) di Kodak Theatre, Hollywood, Amerika Serikat. Namun tahukah anda kriteria apa sajakah yang membuat sebuah film bisa membawa Piala Oscar?

Sebuah penelitian yang dilakukan olehNational Film and Television School (NFTS), dan dipimpin oleh produser Inggris, Nick Powell dan Duncan Bruce mengungkapkan sebuah rumus untuk film yang layak mendapatkan Oscar. Rumus sederhananya: siapkan satu bintang muda, bintang wanita berusia 32 tahun, dan pemeran utama pria berusia 43 tahun. Satukan mereka dalam film drama berdurasi 140 menit, kemudian rilis film tersebut pada bulan Oktober.

Berikut penjelasannya: 

  1. Rata-rata usia pemenang Aktris Terbaik saat ini adalah 32 tahun, sedangkan usia rata-rata pemenang Aktor Terbaik adalah 43 tahun.
  2. Panjang rata-rata sebuah film terbaik yang menang adalah dua jam 20 menit.
  3. Seorang aktris dan aktor biasanya baru memenangkan Aktris dan Aktor Terbaik setelah dua atau tiga kali dinominasikan. Sejak 2000, hanya empat bintang yang berhasil memenangkan piala Aktor Terbaik dari nominasi pertama mereka.
  4. Rata-rata penerima piala Sutradara Terbaik dalam 12 tahun terakhir adalah berusia 53 tahun (naik dari 44 pada 1990-an)
  5. Jika sebuah film diberikan penghargaan Best Picture, sang sutradara hampir dipastikan juga akan menang. Dalam 50 tahun terakhir, pemenang Film Terbaik dan Sutradara Terbaik hanya berbeda tujuh kali.

Best Picture
Sangat jarang pemenang Best Picture secara otomatis akan menang salah satu kategori skenario. Film-film seperti “Lawrence of Arabia”, “Rocky”, “Titanic”, “The English Patient”, “The Deer Hunter” dan “Platoon” semua memenangkan Best Picture tanpa memenangkan salah satu kategori skenario.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi tren ke arah yang menghubungkan dua penghargaan. Dalam 12 tahun terakhir hanya tiga pemenang Best Picture yang gagal merebut Skenario Terbaik (“Million Dollar Baby”, “Chicago”, dan “Gladiator”).

Aktris Terbaik dan Aktor Terbaik 
Aktris Terbaik biasanya berusia muda. Hanya empat wanita terkenal sejak 1990 (Bullock, Mirren, Sarandon dan Bates) yang dianugerahi Aktris Terbaik ketika berusia 40 tahun.

Sebaliknya, Aktor Terbaik jauh lebih sulit diprediksi. Jeff Bridges memenangkan penghargaan untuk “Crazy Heart” saat berusia 60 tahun, sedangkan Adrien Brody menjadi aktor termuda yang meraih penghargaan di usia 29 tahun untuk “The Pianist”.

Sutradara Terbaik 
Sutradara Terbaik Oscar paling tua adalah Clint Eastwood (74 tahun) untuk karyanya, “Million Dollar Baby”, dan yang termuda di era modern adalah Sam Mendes yang menang di usia 34 untuk karyanya “American Beauty”.

Durasi
Durasi rata-rata pemenang Best Picture adalah dua jam 20 menit. Film dengan durasi 3 jam yang memenangkan Oscar adalah “Amadeus”, “Out of Africa”, “The Last Emperor”, “Dances With Wolves”, “Schindler’s List”, “Braveheart”, “The English Patient”, dan “Titanic”.



source: http://sekilasinfoforyou.blogspot.com/2012/02/inilah-kriteria-film-yang-bisa-menang.html