Fakta Unik Tentang Petir

Posted by Sangat Unik

# Fakta Unik Tentang Petir 1
Petir terjadi karena pemampatan dan pemuaian udara di sekitar sambaran kilat. Sambaran kilat sendiri lebih panas 5 kali dari panas permukaan matahari atau sekitar 15.000-20.000 derajad Celcius. Saking panasnya, udara tersebut kemudian memuai menjadi sangat banyak dalam waktu yang sangat singkat. Akhirnya terjadilah suara petir yang sangat keras karena tumbukan udara  yang memuai secara cepat tadi dengan udara sekitar.  

# Fakta Unik Tentang Petir 2
Suara petir tidak akan terjadi tanpa sambaran kilat terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya bila terlihat sambaran kilat pasti akan timbul petir. Kadang-kadang sambaran kilat tidak dikuti suara, hal itu terjadi karena jarak kita dengan sambaran petir tersebut cukup jauh.

# Fakta Unik Tentang Petir 3
Sambaran kilat berlangsung sangatlah cepat, kira-kira hanya selama 0,2 detik. Sambaran ini diikuti oleh banyak sambaran lain dalm jalur yang sama. Sambaran yang terjadi dapat menyalakan 100 juta bola lampu dalam sesaat. Namun hanya sambaran utama yang mengenai target.

# Fakta Unik Tentang Petir 4
Diperkirakan 1800 kali petir terjadi dalam selang waktu yang sama di Bumi. Florida, Amerika Serikat  merupakan salah satu daerah yang paling banyak terjadi petir. Disana Petir terjadi sebanyak 25 juta hingga 30 juta kali pertahun.

# Fakta Unik Tentang Petir 5
Seseorang yang terkena sambaran kilat sebenarnya masih memungkinkan untuk bertahan hidup. 5 dari 30 orang dilaporkan masih hidup setelah tersambar petir. Salah satunya adalah seorang Pria bernama Roy Sullivan, dia masih hidup walupun sudah tersambar petir 7 kali dalam hidupnya hingga umur 71 tahun.

source: http://www.fakta-unik.info/2011/06/fakta-unik-tentang-petir.html