Ditemukan Paus Bermoncong Lumba-lumba

Posted by Sangat Unik

foto
Tim ekspedisi asal Australia merekam penampakan paus langka yang sedang berenang di perairan negara bagian Victoria. Spesies ini begitu sedikit sehingga tak ada catatan populasinya.

Satu bulan lalu, Australian Antarctic Division (AAD) sedang melakukan pelayaran mencari paus biru ketika mereka melihat makhluk mirip lumba-lumba berenang tak jauh dari kapal mereka.

Binatang air tersebut belakangan diketahui sebagai paus jenis shepherd's beaked (Tasmacetus shepherdi). Paus ini berwarna abu-abu dan memiliki moncong serupa lumba-lumba.

Sepanjang sejarah, peneliti hanya beberapa kali menemukan mamalia ini. Data Departemen Lingkungan Australia menyebutkan, binatang ini baru dua kali terlihat yaitu seekor di Selandia Baru dan berkelompok di Australia Barat, itupun tak terekam video. Karenanya pengetahuan mengenai spesies ini amat minim.

"Binatang ini diketahui sebagai paus terancam punah," ujar pemimpin ekspedisi, Michael Double.

Dalam beberapa kali perjumpaan, peneliti kemudian mengetahui bahwa paus shepherd's beaked dewasa bisa mencapai panjang 6-7,1 meter dan bobot 2,32-3,48 ton. Ukuran saat dewasa ini dua kali lebih panjang dibandingkan bayi paus.

Paus ini lebih memilih tinggal jauh dari pantai dan menyelam hingga laut dalam. Hanya beberapa kesempatan langka saja paus ini muncul ke permukaan. Itupun sebenar.

Penampakan terakhir ini juga mendobrak anggapan lama yang menganggap mamalia ini sebagai makhluk penyendiri. Pada pertemuan sebulan lalu, makhluk ini berenang berkelompok dalam rombongan sebanyak 10-12 individu.

"Menemukan mereka berenang berkelompok sangat menakjubkan dan bisa mengubah ulang buku panduan," kata dia.

Spesies yang juga dikenal sebagai paus Tasman Beaked ini pertama kali dijumpai pada tahun 1937.



source: http://www.tempo.co/read/news/2012/02/26/061386485/Ditemukan-Paus-Bermoncong-Lumba-lumba