Nada Dering Bikin Otak "Lemot"

Posted by Sangat Unik

Ilustrasi anak-anak sedang menggunakan ponsel pintar
Semakin jeblok ketika mendengar nada dering populer atau yang disukai

Nada dering telepon seluler, terutama jika itu lagu kesangan Anda, bisa membuat otak Anda bekerja lebih lamban dari biasanya, demikian hasil penelitian dari sejumlah peneliti di Washington University.

Menurut mereka orang bisa menemukan solusi dari satu masalah atau mengingat satu hal dengan lebih mudah jika ponsel Anda sedang dalam keadaan silent atau senyap.

Dalam penelitian itu para peneliti menemukan bahwa skor atau nilai sejumlah pelajar yang terlibat dalam penelitian itu turun sebanyak 25 persen setelah mendengar nada dering ponsel.

Nilai mereka bahkan turun lebih jeblok setelah mendengar nada dering yang mereka dengar.

"Banyak dari kita yang menganggap nada dering ponsel di area publik merupakan gangguan yang menyebalkan, tetapi studi ini memastikan bahwa bunyi-bunyi itu juga mempunyai dampak dalam kehidupan sehari-hari," kata Jill Shelton, peneliti dalam studi itu.

"Kejadian-kejadian seperti itu tidak hanya gangguan tetapi juga mempunyai pengaruh terhadapa proses belajar," lanjut Shelton.

Dalam sebuah eksperimen, Shelton meminta seorang pelajar duduk di tengah sejumlah mahasiswa jurusan psikologi di Lousiana State University dan membiarkan ponselnya berbunyi selama 30 detik.

Para mahasiswa itu kemudian diberikan soal tentang materi yang mereka pelajari sebelum "gangguan" nada dering itu. Hasilnya nilai mereka turun 25 persen.

Secara mengejutkan studi itu juga menemukan bahwa nilai para mahasiswa semakin jeblok ketika diperdengarkan lagu populer atau yang mereka suka.

"Ketika kami memainkan lagu (yang populer di kalangan mahasiswa), faktor gangguan itu bertahan lebih lama. Itu memperlambat proses pengambilan keputusan mereka ketimbang setelah mendengarkan nada dering biasa," jelas Shelton.

Studi itu dipublikasikan di Journal of Environmental Psychology.



source: http://www.lintas.me/go/beritasatu.com/ternyata-nada-dering-bikin-otak-lemot/