Google Doodle Hari Ini Spesial Alan Turing

Posted by Sangat Unik


Alan Mathison Turing ( Birthday 23 Juni 1912 ), Google memperingati 100 tahun kelahirannya, Apa alasannya google memperingati kelahirannya? Dalam dunia komputer, beliau merupakan pencetus konsep “algoritma dan komputerisasi” melalui mesin turing.

Mesin turing sendiri merupakan teknologi cikal bakal dasar dari komputerisasi digital modern dimana dia membuktikan bahwa semua masalah matematika tidak dapat diselesaikan oleh perhitungan automatic.

Alan Turing, seorang peneliti komputer modern digital pertama yang mengatakan komputer dapat menjalankan berbagai program melalui sekumpulan perintah.

Selama perang dunia II, dia bekerja paruh waktu pada bagian departemen cryptanalytic inggris. Disini dia memegang peranan kunci dalam memecahkan pesan yang telah diacak ( enkripsi ) pada mesin enigma Jerman, pesan yang memberikan data intelijen penting bagi sekutu.

Setelah perang dunia II berakhir, dia bekerja di National Physical Laboratory ( 1945 – 1948 ) meskipun mengalami penolakan oleh rekan sejawatnya ketka mengajukan rancangan komputer digital, dia tetap memperoleh penghargaan atas jasanya menciptakan konsep mesin turing ( blueprint ) dimana saat itu mesin turingnya memiliki kecepatan perhitungan yang lebih tinggi dari mesin komputer saat itu.

Tahun 1952, Alan Turing yang merupakan sosok homoseksualitas harus menhadapi tuntutan pidana penjara yang saat itu kaum homoseksual di Inggris dianggap kaum / komunitas illegal karena sering melakukan pemerasan. Dia harus mengalami pengebirian kimia melalui hormon sebagai alternative masuk penjara.

Alan Turing meninggal pada tahun 1954, selang 2 minggu setelah ulang tahunnya yang ke 42 akibat keracunan sianida. Penyelidikan atas kematiannya mengatakan Alan Turing bunuh diri, tetapi dari pihak keluarga mengatakan kematiannya merupakan suatu kecelakaan.



source: http://forum.vivanews.com/internasional/413339-alan-turing-mengenal-sosok-alan-turing.html