Tanpa Akumulasi Kartu, Spanyol Full Team di Final

Posted by Sangat Unik


Sergio Ramos, Xabi Alonso dan Alvaro Arbeloa dapat kartu kuning keduanya sepanjang Euro 2012 saat menghadapi Portugal. Tapi karena ada 'pemutihan' di perempatfinal, 'Tim Matador' bisa main full team di final.

Total ada empat pemain Spanyol dapat kartu kuning saat La Furia Roja menang 4-2 atas Portugal melalui adu penalti dinihari tadi. Selain Ramos, Alonso dan Arbeola, satu nama lainnya adalah Sergio Busquets.

Khusus buat Ramos, Alonso dan Arbeola, itu merupakan kartu kuning kedua mereka sepanjang turnamen. Dengan sebelumnya sudah dapat dua kartu kuning, ketiga pemain itu harusnya mendapat larangan bertanding satu kali.

Namun aturan UEFA lain menyebut kalau akumulasi kartu kuning hanya berlaku sampai babak perempatfinal. Itu artinya, pasca laga semifinal tadi pagi, Ramos, Alonso dan Arbeola baru mengumpulkan satu kartu kuning dan dipastikan bisa berlaga di final.

Peluang Spanyol menurunkan kekuatan terbaiknya di laga final terbuka makin lebar lantaran anggota skuad mereka tidak ada yang mengalami cedera. Demikian dikutip dari AS.

Kondisi serupa berlaku juga buat Jerman atau Italia, yang baru akan menjalani laga semifinal dinihari nanti. Kecuali ada pemain yang kena kartu merah, Azzurri dan Der Panzer bisa menurunkan seluruh pemain tanpa ada yang terkena hukuman akumulasi.

Tapi Italia dan Jerman mungkin terhalang dengan kondisi fisik pemainnya. Di kubu Azzurri, Giorgio Chiellini, Ignazio Abate dan Daniele De Rossi mengalami cedera. Sementara Bastian Schweinsteiger juga sempat bermasalah dengan kondisi fisiknya.

Berikut beberapa poin utama regulasi UEFA terkait hukuman dan akumulasi kartu di Piala Eropa 2012:

* Pemain yang dapat kartu merah otomatis dilarang bertanding untuk satu laga berikutnya. Hukuman bisa menjadi lebih berat jika komite disiplin UEFA memutuskan demikian.

* Setiap pemain yang menerima dua kartu kuning di dua dari tiga pertandingan fase grup, plus laga perempatfinal akan dilarang bertanding untuk satu pertandingan berkutnya. 

* Di babak semifinal, setiap pemain yang mendapat kartu kuning akan dihitung sebagai kartu kuning pertama.

* Ini artinya, pemain hanya akan terkena larangan berlaga di final jika dia dapat kartu merah di semifinal, atau mendapat hukuman berat lain yang diputuskan komite disiplin UEFA sebelumnya atas sebuah insiden.

* Hukuman terkait kartu kuning tidak akan berlaku untuk Kualifikasi Piala Dunia (2014).

source: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/28/112233/1952951/514/tanpa-akumulasi-kartu-spanyol-full-team-di-final