Ceko Hempaskan Yunani 2-1

Posted by Sangat Unik


Ceko berhasil meraih kemenangan perdananya di Grup A usai menghempaskan Yunani 2-1 dalam lanjutan penyisihan grup A Piala Eropa 2012 di Municipal Stadium, Polandia, Senin (12/6/2012). Dua gol Ceko dicetak Petr Jiracek dan Vaclav Pilar. Sementara, Yunani membalas melalui Theofanis Gekas di awal babak kedua.

Ceko yang mengincar poin penuh untuk menebus kekalahan 1-4 dari Rusia, langsung menyerang sejak  menit awal. Benar saja, laga baru berjalan tiga menit, Jiracek sudah membuat Ceko unggul 1-0. Setelah menerima umpan terobosan sempurna dari Tomas Hubschman, ia melepaskan tendangan terarah ke dalam gawang dan gol.

Tiga menit berselang, Pilar kembali membuat pendukung Ceko bersorak setelah mampu mengubah skor menjadi 2-0. Memanfaatkan umpan silang Theodor Gebre Selassie, gelandang Vfl Wolfsburg itu menyontek bola yang tak mampu dihalau kiper Kostas Chalkias.

Tertinggal dua gol dalam waktu hanya enam menit membuat mental pemain Yunani turun. Meski terlihat mencoba membangun serangan, kampiun Eropa 2004 itu masih kesulitan menembus pertahanan Ceko. Sebaliknya, kombinasi Milan Baros dan Tomas Rosicky beberapa kali menciptakan peluang berbahaya di depan gawang Yunani.

Lima menit menjelang akhir babak pertama, Yunani mampu menyarangkan bola ke gawang Petr Cech melalui aksi Giorgios Fotakis. Namun, gol itu dianulir, karena dirinya lebih dulu berada di posisi off-side. 

Selepas turun minum, Yunani memperkecil ketertinggalan melalui pemain pengganti Gekas pada menit ke-53. Umpan silang Giorgios Samaras ke tengah kotak penalti sebenarnya tak terlalu berbahaya. Namun, tangkapan kiper Cech kurang sempurna, sehingga bola lolos ke kaki Gekas. Tanpa ampun, ia kemudian melepaskan bola ke gawang yang sudah kosong. 

Di babak ini, Yunani lebih menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, sejumlah upaya yang dilakukan Georgios Samaras dan kawan-kawan selalu mengalami kebuntuan, karena barisan pertahanan Ceko tampil cukup disiplin. Sementara, Ceko dalam babak ini hanya mengandalkan serangan balik yang cepat untuk membongkar pertahanan "Galanolefki".  

Yunani terus menekan hingga menit-menit akhir pertandingan. Namun, dari sejumlah peluang belum ada yang mampu dikonversikan untuk menambah gol. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 pun tidak berubah. 

Menurut catatan UEFA, selama pertandingan menguasai bola 47 persen dan menciptakan tiga peluang emas dari delapan usaha. Adapun Yunani melepaskan lima tembakan akurat tujuh percobaan.

Susunan Pemain:
Yunani: 1-Kostas Chalkias (13-Michail Sifakis 23), 5-Kyriakos Papadopoulos, 21-Kostas Katsouranis, 20-Jose Holebas, 15-Vasilis Torosidis, 2-Giannis Maniatis, 10-Giorgos Karagounis, 16-Giorgios Fotakis (17-Theofanis Gekas 45), 22-Konstantinos Fortounis (11-Konstantinos Mitroglou 71), 7-Georgios Samaras, 14-Dimitris Salpingidis.

Ceko: 1-Petr Cech, 3-Michal Kadlec, 6-Tomas Sivok, 8-David Limbersky, 2-Theodor Gebre Selassie, 13-Jaroslav Plasil, 17-Tomás Hubschman, 14-Vaclav Pilar, 19-Petr Jiracek, 15-Milan Baros (21-Tomas Pekhart 64), 10-Tomas Rosicky (18-Daniel Kolar 45).

source: http://bola.kompas.com/read/2012/06/13/00560975/Ceko.Hempaskan.Yunani.21